Rabu, 14 November 2018

Sri Mulyani “Curhat” Soal Susahnya Masyarakat Bayar Pajak


Finroll.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengutarakan “curhatnya” tentang susahnya negara mengumpulkan pajak dari masyarakat. Tetapi, masih saja ada warga di media sosial yang mengeluh soal biaya sekolah yang tidak gratis, begitu juga soal kesehatan.

“Kalau disini banyak orang yang mengeluh saat bayar pajak. Banyak yang katakan “bu kenapa sih kita bayar sekolah engga gratis?, kesehatan gratis? Tapi selalu lupa bayar pajak,” ujar Sri Mulyani dalam acara kuliah umum di Auditorium FEB UI, Depok, Rabu (14/11) yang dilansir dari Detikcom.

Ia pun menegaskan tekadnya untuk terus fokus dalam menarik pajak meski banyak masyarakat yang “nyinyir”. “Makanya saya tetap kampanye, meski orang nyinyir aja Menteri Keuangan bisanya narik pajak aja, lho memang kerjaan saya di Kemenkeu begitu,” tandasnya.

Baca Lainnya: PENGUSAHA PARKIR INDONESIA MENOLAK KENAIKAN PAJAK PARKIR 30%

Sri Mulyani pun membahas salah satu topik yang sering dilontarkan masyarakat Indonesia. Salah satunya membandingkan kehidupan Indonesia dengan negara Finlandia, Swiss, atau Norwegia yang seluruh kebutuhan pendidikan, kesehatan dan fasilitas publik lainnya di tunjang pemerintah.

“Gini, mereka disana itu contoh dapat gaji Rp10 juta, nah yang Rp7 jutanya dibayar untuk pajak, untuk negara. Saya tanya ke mereka apa kamu enggak berat bayar segitu? Mereka jawab tidak, karena anak-anaknya akan diurus oleh negara mulai dari lahir, sakit, sekolah, semuanya,” imbuhnya.

Sekilas Jumlah Wajib Pajak di Indonesia

Dari informasi yang dihimpun, jumlah wajib pajak di Indonesia di tahun 2017 baru ada 36.031.972 wajib pajak. Rinciannya 2.922.712 WP Badan, 6.222.442 OP Non karyawan, dan 26.886.818 WP OP karyawan.

Sementara pembayaran pajak per jenis pajak tahun 2017 sejumlah Rp480 Triliun PPN, Rp208 Triliun PPh Badan, Rp117 Triliun PPh Pasal 21, Rp106 Triliun PPh Final, Rp50 Triliun PPh Migas, Rp16,7 Triliun PBB P3, dan Rp7,8 Triliun PPh OP Non Karyawan.

Source: Detikcom

CIMB NIAGA

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT