[gtranslate]

5 Contoh Bisnis Syariah yang Bisa Anda Lakukan

  • Share
https://img.finroll.com/2021/03/Finroll_Bisnis-Syariah.jpg
finroll bisnis syariah

Bisnis syariah

Bisnis syariah bukan lagi sebuah konsep baru dalam dunia bisnis. Di Indonesia sendiri, sudah banyak pelaku bisnis yang menerapkan kegiatan jual beli yang sesuai dengan hukum-hukum syariah Islam.

Tujuan Bisnis Syariah

Tujuan bisnis syariah agar bisnis yang dijalankan mendapatkan Ridho dari Allah dan keuntungan yang didapatkan juga diberkahi selama di dunia dan di akhirat nantinya.

Jika Anda berencana untuk memulai bisnis syariah, berikut 5 contoh bisnis syariah yang bisa kamu lakukan dan memiliki prospek yang bagus dalam jangka panjang:

1. Busana Muslim

Dulu, busana muslim hanya dipakai pada hari-hari tertentu saja, misalnya di hari lebaran atau disaat mengikuti pengajian. Seiring dengan adanya kesadaran masyarakat dalam mengenakan busana sesuai syariah Islam, saat ini busana muslim sudah dijadikan salah satu tren yang fashionable.

Bahkan sudah banyak masyarakat yang menggunakan busana muslim sebagai pakaian sehari-hari. Mulai dari anak kecil, remaja hingga dewasa.

Salah satu brand busana muslim yang sudah sukses dan terkenal yaitu KeKe Collection . KeKe tidak hanya menjual baju muslim saja, namun juga menyediakan jilbab syar’i, baju koko, cadar dan busana muslim lainnya. KeKe Juga menyedia produk untuk berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa (laki-laki dan perempuan).

Oleh karena itu, menjual busana muslim bisa menjadi pilihan utama Anda jika ingin menjalankan bisnis syariah. Mungkin kamu bisa menyediakan berbagai busana muslim yang lengkap seperti contoh di atas (Keke Collection).

2. Kosmetik Halal

Menjual kosmetik menjadi salah satu pilihan bisnis oleh kaum hawa. Menjual produk kosmetik halal juga semakin diminati oleh masyarakat. Selain berkualitas, kosmetik halal banyak dipilih karena terbuat dari bahan yang aman hingga tidak berbahaya bagi kulit atau tubuh Anda.

Misalnya menjual bedak, lipstik, parfume halal atau peralatan kosmetik lainnya.

Salah satu kosmetik halal yang bisa menjadi pilihan bisnis kamu yaitu menjual wewangian (parfume) minyak kasturi. Apakah sebelumnya kamu sudah mengenal minyak kasturi? Minyak kasturi merupakan salah satu parfume sunnah dalam agama islam.

Untuk memulai bisnis minyak kasturi, Anda juga bisa menjadi reseller dari salah satu agen reseller yang menjual minyak kasturi dengan kualitas premium. Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan menarik, seperti mendapatkan komisi besar, dibimbing di group khusus, disediakan Marketing kit dan keuntungan lainnya. Salah satu agen Jawara Kasturi.

Baca juga: Apa Itu Minyak Kasturi?

3. Kuliner Halal

Saat ini, masyarakat semakin jeli dalam memilih tempat makan. Selain tempat makan yang nyaman, mereka juga perlu memastikan bahwa makanan yang dijual benar-benar halal.

Selain itu, kegemaran untuk mengunggah foto makanan di social media menjadi salah satu kebiasaan masyarakat di era serba digital seperti sekarang ini. Sehingga bisnis kuliner menjadi salah satu pilihan bisnis kamu.

Bisnis kuliner yang kamu punya juga harus halal dan memberikan manfaat bagi kesehatan bagi banyak orang. Seperti menjual makanan pokok yang halal, obat herbal, atau kurma yang merupakan salah satu makanan Nabi Muhammad SAW.

4. Salon Syariah

Tahukan Anda, Islam memiliki tuntunan dalam berhias?

Dalam kitab Shahih Bukhari disebutkan sebuah hadis shahih dari Ibnu Mas’ud radhiyallhu ‘anhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai keindahan.”

Untuk berhias tidak sedikit kaum muslimah membutuhkan jasa untuk berhias atau biasa kita kenal dengan istilah tempat “salon”.

Namun sebagian muslimah berfikir anggota tubuh merupakan aurat dan tidak boleh dilihat oleh orang yang bukan mahramnya. Misalnya ketika ingin memotong rambut, mereka tidak ingin rambutnya dilihat oleh kaum adam. Sehingga mereka akan mencari salon yang khusus untuk wanita.

Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang tata rias dan kecantikan, hal ini bisa Anda jadikan peluang dengan membuka salon syariah khusus wanita (muslimah).

5. Travel Haji dan Umrah

Dalam Islam, menunaikan ibadah haji dan umrah merupakan salah satu ibadah sunnah yang terdapat dalam rukun Islam yang ke lima. Selain itu, ibadah haji dan umrah juga merupakan salah satu ibadah yang menjadi cita-cita hampir setiap umat muslim.

Sehingga, Anda bisa menjadikan hal ini sebagai peluang bisnis Anda. Namun perlu diingat, bisnis travel Anda juga harus dilakukan sesuai dengan hukum Syariah. Yaitu dengan tidak menggunakan sistem “kredit”.

Ketika menggunakan sistem kredit, maka Anda menggabungkan dua akad dalam satu transaksi, yaitu akad utang dan jual beli.

Biasanya hal ini akan menimbulkan adanya kompensasi harga atau keuntungan tambahan bagi penyedia jasa travel. Sehingga akad ini akan mengandung unsur riba didalamnya.

Maka dari itu, jangan menggunakan sistem kredit pada bisnis travel haji dan umrah Anda.

Menjalankan bisnis syariah tidak hanya sekedar mencari keuntungan semata, namun juga mampu membawa berkah serta memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Jadi, sudah siapkah Anda untuk memulai bisnis syariah? Selamat mencoba.

Sumber : jawarakasturi.id

  • Share
-->