[gtranslate]

Tak Mau Melulu Dari Negara Asia, Emil Cari Investor ke Timur Tengah

  • Share
Tak Mau Melulu Dari Negara Asia, Emil Cari Investor ke Timur Tengah

Finroll.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil), saat ini tengah melakukan lawatan ke luar negeri.

Kunjungannya ini disebut untuk mencari investor di negara-negara Timur Tengah seperti Maroko, Aljazair, hingga Uni Emirat Arab.

Ditemui awak media sebelum keberangkatan di Bandara Soekarno Hatta pada Rabu (6/3) malam lalu, ia mengaku jika tidak ingin investasi di Jabar didominasi oleh negara Asia seperti Jepang, China, dan lainya.

“Kenapa saya ke Timur Tengah? Karena saya ingin investasi di Jawa Barat tidak hanya didominasi oleh Asia Timur (Jepang dan Tiongkok) atau Singapura,” ungkapnya.

Sementara itu, di Maroko dan Aljazair Emil direncanakan akan menandatangani MoU untuk kerjasama sister province.

Baca Lainnya: Presiden Sebut Pembangunan Infrastruktur Harus Diimbangi Investasi SDM

Kemudian di Al Jazair, mantan Walikota Bandung itu juga akan membicarakan pembangunan alun-alun Soekarno. Sebab Emil mengaku jika pemerintah Al Jazair meminta didesainkan alun-alun Soekarno.

“Karena Al Jazair merdeka terinspirasi oleh Konferensi Asia-Afrika dan juga oleh semangat Bung Karno (Soekarno),” imbuhnya.

Selanjutnya di lawatannya ke Uni Emirat Arab, dirinya akan mengunjungi Dubai untuk melihat manajemen kargo bandara yang menjadi salah satu terbaik di kelas dunia. Hal ini dilakukannya terkait dengan rencana Bandara Kertajati di Majalengka yang bakal di fungsikan sebagai bandara kargo.

Di sisi lain, Emil mengaku jika kunjungan ini dimanfaatkan untuk mencari donor bagi pembangunan Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia di Cimanggis, Depok.

“Saya mendapat perintah dari Pak Wapres (Jusuf Kalla) untuk mencari donor-donor pembangunan untuk UIII. Dana dari APBN baru sepertiganya, dua pertiganya diharapkan dari negara lain karena UIII ini sifatnya internasional,” tandasnya.

Sumber: Republika

  • Share
-->