Sabtu, 9 Maret 2019

Waduh! Dalam Sebulan OJK Temukan 168 Fintech Ilegal


Finroll.com – Satgas Waspada Investasi OJK baru-baru ini kembali menemukan 168 penyelenggara layanan pinjaman uang daring (fintech) ilegal.

Adapun ratusan fintech ilegal ini ditemukan pada periode akhir Februari 2019 hingga Selasa (5/3/19). Sehingga dalam 35 hari, Satgas OJK telah mendeteksi adanya 168 fintech ilegal baru.

Ketua Satgas Waspada Investasi OJK, Tongam L Tobing menyebut pihaknya juga bekerja sama dengan Kemenkominfo dan Google untuk memblokir ratusan fintech ilegal itu.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing mengatakan Satgas Waspada Investasi bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), termasuk Google, telah memblokir 635 fintech ilegal.

Tidak hanya itu satgas juga berkoordinasi dengan Bareskrim Polri, apabila fintech tersebut terbukti melakukan pelanggaran pidana.

Baca Lainnya: OJK Imbau Masyarakat Hati-Hati Jika Tak Paham Transaksi Fintech

“Minggu depan akan kami umumkan, sehingga ini memberikan pesan kepada masyarakat dan pelaku bahwa kami tidak tinggal diam. Kami tidak akan membiarkan mereka melakukan penawaran yang bisa merusak kepercayaan masyarakat terhadap fintech,” ungkap Tongam di Kantor Ombudsman, Jumat (8/3).

Ia merinci, ratusan fintech ilegal tersebut umumnya ditemukan di Google Play Store dan sebagian di website.

“Oleh karena itu, saat ini kami melakukan deteksi dini dan blokir dini,” tandasnya.

Sumber: CNN Indonesia

Jababeka industrial Estate

BACAAN TERKAIT