Senin, 12 Juli 2021

Hanya 600 Unit di Dunia, Begini Tampilan Model Terakhir Lamborghini Aventador


Lamborghini akhirnya merilis model terakhir dari seri Aventador dengan menghadirkan LP 780-4 Ultimae. Model yang sudah dipersiapkan dari beberapa waktu lalu, resmi dihadirkan untuk konsumen dan memulai debutnya di ajang Goodwood Festival of Speed 2021 yang berlangsung di Inggris, pada 8 – 11 Juli 2021 lalu.

Kehadiran Lamborghini Aventador LP 780-4 Ultimae ini juga sebagai penanda penggunaan mesin V12 natural aspirated yang dipasangkan pada supercar asal Italia tersebut. Model ini juga dikatakan sebagai model yang paling murni dari semua seri Aventador yang pernah dirilis oleh pabrikan.

Lamborghini Aventador LP 780-4 Ultimae ini juga merupakan gabungan dua keunggulan dari model Avantador SVJ dan S. Engineer Lamborghini memanfaatkan kinerja dari model SVJ dan mengintensifkannya melalui keanggunan model Aventador S.

“Aventador LP 780-4 Ultimae menunjukan produksi V12 Lamborghini yang terakhir, paling murni, dan tak lekang oleh waktu. Ini memberikan pengalaman mesin 12 silinder yang penting dalam hal desain yang tak ada bandingannya, solusi teknik dan pengalaman berkendara yang paling emosional, dan merupakan Aventador definitif yang mengakhiri era yang luar biasa,” jelas President and CEO Automobili Lamborghini, Stephan Winklemann, dalam keterangan resminya.

Lamborghini Aventador LP 780-4 Ultimae ini hadir dengan monokok serat karbon yang unik, sangat kaku dan ringan. Selain itu, penggunaan serat karbon juga digunakan di seluruh bodi, sehingga mampu menghasilkan bobot yang lebih ringan lantaran menghasilkan 1.550 kilogram.

Dari sisi jantung mekanisnya, model ini hadir dengan mesin V12 berkapasitas 6.5 liter dan menghasilkan tenaga sebesar 780 tk. Tenaga tersebut 40 tk lebih besar dari versi Aventador S dan 10 tk di atas Aventador SVJ.

Dengan kecepatan maksimum tersebut, supercar ini mampu melesat dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dengan waktu 2,8 detik dan mampu menyentuh kecepatan maksimum 355 kpj.

Hanya Diproduksi Sebanyak 600 unit di Seluruh Dunia

Desain supercar ini hadir dengan mengadopsi konsep bumper depan khusus di mana bisa meningkatkan beban aero di bagian depan. Fitur kenyaman lainnya yang juga disematkan adalah Lamborghini Dynamic Steering di bagian depan sehingga dapat memberikan umpan balik yang begitu responsif saat melakukan belokan tajam.

Lamborghini Aventador LP 780-4 Ultimae ini juga hadir dengan sistem aerodinamika yang canggih. Bagian splitter depan didesain dengan sangat baik sehingga mampu mengarahkan aliran udara tambahan untuk mengoptimalkan efisiensi aerodinamika, pendingin mesin dan radiator.

Jababeka industrial Estate

Sementara pada rear wing yang disematkan, Lamborghini, juga sudah membekalinya dengan teknologi terkini lantaran bisa menyesuaiakan dengan tiga mode, tertutup, maximum performance dan maximum handling. Ketiga mode tersebut akan bekerja secara otomatis tergantung pada kecepatan dan mode penggerak yang dipilih, sehingga dapat mengoptimalkan keseimbangan keseluruhan mobil.

Lamborghini Aventador LP 780-4 Ultimae ini diproduksi secara terbatas di mana hanya akan tersedia sebanyak 600 unit di seluruh dunia. Pembagiannya, 350 unit akan diproduksi dalam bentuk coupe, dan 250 unit akan diproduksi dalam bentuk roadster.

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT