Selasa, 5 Januari 2021

Jika Pajak 0 Persen Disetujui, Toyota Innova Baru Cuma Rp 202 Jutaan


Finroll.com – Wacana soal pajak 0 persen untuk mobil baru lagi-lagi menyeruak setelah Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melalui kementerian Perindustrian kembali mengajukannya ke pemerintah pusat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri diklaim menyambut baik usulan itu, namun keputusannya belum final. Hal itu terkait dengan persetujuan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani yang disebut masih mempertimbangkannya.

“Ini memang sudah kita usulkan. Dan saya sudah laporkan ke presiden dan secara prinsip beliau setuju. Tapi Menteri Keuangan masih dalam proses hitung menghitung,” kata Agus Gumiwang, seperti dikutip dari Liputan6.com, Senin (28/12).
Alasan utama usulan tersebut karena berdasarkan data Gaikindo mulai Januari hingga November 2020, distribusi dari pabrik ke diler turun mencapai 49,8 persen, dibandingkan periode yang sama tahun 2019. Pada segmen ritel pun tidak kalah remuk dengan penurunan sebesar 46 persen.

Baca Juga : Mengetahui dan mengenal apa itu Mobil Listrik Mungil Toyota C+pod

Soal hitung-hitungan pajak nol persen tersebut, Ketua Gaikindo Jongkie D. Sugiarto memperkirakan bila harga mobil baru bisa turun mencapai 40 persen dari harga on the road, turun tajam dari harga pasarannya.
Sebagai gambaran, bila konsumen ingin membeli mobil murah Daihatsu Ayla tipe terbawah 1.0 D M.T dengan harga Rp 102.150.000 sesuai situs resmi Daihatsu Indonesia, maka kisaran harga barunya akan turun menjadi Rp 612.900.000.

Apalagi untuk Toyota Kijang Innova. Situs Toyota Indonesia mencantumkan bahwa tipe termurah mobil ini ialah Rp 337.600.000 untuk varian 2.0 G M/T BSN. Itu berarti harga on the road Toyota Kijang Innova akan menyusut menjadi Rp 202.560.000.

Sumber : otosia

BACAAN TERKAIT