Selasa, 29 Juni 2021

Keren! Sepeda Anti Jatuh Bisa Jalan Sendiri, Bahkan saat Diam


Sepeda otonom nampaknya bukan ilusi semata. Zhi Hui Jun, seorang vlogger dari Beijing, China baru-baru ini mengejutkan jaga maya dengan membuat sepeda self-driving atau otonom yang bisa jalan sendiri dan tidak jatuh karena hilang keseimbangan.

Dikutip dari Intersting Enginering, Selasa (22/6/2021) Zhi Hui Jun, seorang insinyur membuat sepeda yang bisa menghindari rintangan. Bahkan sepeda rancangannya bisa menjaga keseimbangan dengan baik saat diam ataupun bergerak.

Pria ini merupakan lulusan China University of Electronic Science and Technology pada tahun 2018, dan sejak itu menjadi bagian dari program Young Genius Huawei, dan saat ini bekerja sebagai developer kecerdasan buatan smartphone Oppo sekaligus YouTuber untuk video penemuannya.

Mengesankan meski hanya sebatas proyek iseng, gerakan sepeda, seperti yang terlihat dalam video Zhi Jui Jun cukup halus. Interesting Enginering bahkan menyebut keseimbangan sepeda itu membuatnya merasa seperti sedang dikendarai oleh hantu. Apalagi hanya dalam waktu 4 bulan selama akhir pekan, pria ini bisa merancang serta membangun sepeda ‘hantu’ ini.

Zhi Jui Jun memakai sistem akselerometer dan giroskop canggih yang mampu memantau gerakan halus sepeda serta mengoreksinya. Sehingga sepeda pun tidak miring ke satu sisi, bahkan jika stang digantung beban berat.

Dalam videonya Ia menempatkan batu bata di salah satu sisi setang, namun keseimbangan tetap terjaga. Sebab dengan cepat sensor mengkompensasi perbedaan berat.

Tak cukup dengan self-balancing, sepeda ini juga dipasang sensing camera dan sensor LIDAR yang bisa menghindari rintangan di depan. Sepeda ini juga bisa bergerak sendiri. Selain itu juga dibekali baterai lithium daya model 6S, yang memiliki daya tahan baterai sekitar tiga jam.

Sepeda otonom ini mengingatkan pada April Mop pada tahun 2016, di mana Google diam-diam mengunggah video sepeda otonom yang berkeliaran di jalan-jalan yang sibuk. Dua hari setelah postingan itu menjadi viral, Google mengklarifikasi bahwa itu sebenarnya adalah hasil dari pengeditan video.

Sumber : oto.detik.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT