Selasa, 29 Juni 2021

Mobil Mini Klasik Dicangkok Jantung Nissan Leaf


Mobil tua saat ini bisa dikonversi jadi mobil listrik. Di Inggris, ada konversi mobil tua dengan jantung Nissan Leaf bekas. Modifikasi unik ini dilakoni London Electric Cars (LEC) yang merilis paket konversi untuk mengubah Mini klasik menjadi mobil listrik sepenuhnya.

Seperti dikutip Paultan menyebutkan modifikasi paling murah Mini klasik bertenaga listrik 20 kWh dibanderol mulai dari 25.000 poundsterling (Rp 502 jutaan) di luar pajak. Paket baterai itu bisa menjangkau jarak 96 km sampai 113 km sekali pengisian penuh.

Powertrain listrik diambil dari Nissan Leaf bekas generasi pertama. Menurut LEC ini merupakan solusi yang lebih ramah lingkungan ketimbang harus menambang dan menciptakan material baru untuk konversi Mini klasik menjadi mobil listrik.

LEC mengatakan mereka juga memiliki rencana untuk menggunakan kembali perangkat keras komputer, memanen baterai dari paket traksi, dan menggunakan teknologi manufaktur aditif untuk produksi dan rekayasa konversi Mini klasik ini. Mereka mengusung tagline reuse, reduce, dan recycle.

Dengan begitu, calon pemilik memiliki opsi untuk memasang baterai yang lebih besar untuk jangkauan yang lebih jauh. Motor listrik juga dapat ditingkatkan.

mini disulap jadi mobil listrik

Pengisian daya dilakukan baik melalui koneksi Tipe 1 atau Tipe 2. Untuk diketahui, Nissan Leaf yang menjadi sumber tenaga Mini klasik bertenaga listrik ini bisa mengisi daya cepat dengan arus DC maksimal 44 kW.

Mereka yang tertarik untuk membeli mobil ini tetapi belum memiliki Mini klasik, LEC bisa menyediakannya. Setiap konversi membutuhkan waktu sekitar enam minggu, tetapi daftar tunggu saat ini mencapai sekitar enam bulan untuk Inggris saja. LEC juga menerima pesanan dari Amerika dan Jepang.

“Ini semua yang saya inginkan. Mini klasik saya tidak hanya memiliki kehidupan baru, tetapi juga sempurna untuk berlari di sekitar London dan sangat murah untuk dijalankan! Tidak perlu khawatir lagi jika saya lupa membayar Biaya Kemacetan dan ada begitu banyak titik pengisian umum di sekitar. Ini benar-benar win-win,” kata salah satu pemilik Mini klasik bertenaga listrik.

Sumber : oto.detik.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT