Selasa, 23 Februari 2021

Motor Bebek : Dulu Idola, Sekarang Ditinggalkan


Pada awal tahun 2000-an, motor bebek menjadi motor yang sangat disukai hampir diseluruh lapisan masyarakat. Penjualannya pun masih mencapai lebih dari 80 persen penjualan pada motor nasional. Dengan kehadiran dari motor matik, membuat penjualan motor bebek merosot.

Alasan Menurunnya Penjualan Motor Bebek

finroll motorbebek honda

Berdasarkan data dari AISI (Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia) sepanjang tahun 2017, jumlah penjualan motor bebek hanya 460.075 per unitnya. Jumlah penjualan tersebut bahkan kalah dari motor dengan tipe sport yang mempunyai harga lebih mahal, tapi angka penjualannya mencapai 500.878 per unitnya.

Kemunculan motor matik menjadi salah satu alasan mengapa peminat motor bebek menjadi turun. Motor matik menawarkan kepraktisan dalam penggunaannya, sedangkan untuk motor bebek harus menggonta-ganti perseneling yang dianggap sulit dan merepotkan.

Berbeda halnya dengan motor sport, walaupun terbilang lebih sulit, tetapi motor sport mempunyai keunnggulan dalam segi bentuk yang lebih gagah, sehingga disukai oleh masyarakat.

Ini merupakan salah satu alasan motor bebek semakin terjepit, selain dari tren motor matik meningkat. Jadi, posisi motor bebek dalam hal ini memang menjadi serba tanggung, sebab tampilannya yang dirasa kurang sebanding dengan kesulitannya.

Mengapa Motor Bebek Masih Bertahan?

Memang pada saat ini, peminat motor bebek semakin lama semakin sedikit jumlahnya. Hal ini pun diakui oleh salah satu pabrikan motor terkenal, Yamaha.

Menurut Johannes BMS, selaku Chief Yamaha Direct Distribution System (DDS) II Jawa Barat, mengatakan bahwa masa motor bebek sudah lewat. Konsumen menyukai motor yang lebih praktis untuk digunakan.

Bagi orang baru yang ingin belajar mengendarai motor, lebih cepat menggunakan motor metik ketimbang motor bebek karena penggunaannya yang tidak sulit. Namun motor metik dapat menjadi berbahaya jika pengendaranya tidak memiliki kemampuan yang baik dalam mengendarai.

Johannes juga berkata bahwa hal yang membuat motor bebek dapat bertahan sampai saat ini adalah karena adanya kebutuhan instansi tertentu seperti dipakai oleh kurir dengan memodifikasi motor dengan sedekimian rupa agar lebih gampang membawa barang saat mengirimkan paket. Motor bebek pun juga biasa digunakan sebagai kendaraan operasional perusahaan.

Selain itu, juga ada faktor dari segi harga motor bebek yang lebih murah ketimbang dengan motor metik, membuat motor bebek ini masih bertahan sampai sekarang ini.

CIMB NIAGA

(Sumber : GridOto.com)

BACAAN TERKAIT