Senin, 4 Maret 2019

17 Ton Garam Disebar Untuk Ciptakan Hujan Buatan Padamkan Karhutla Riau


Finroll.com – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menyiapkan 17 ton garam untuk menciptakan hujan buatan. Ini dilakukan dalam upaya memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau.

“Ini dilakukan dalam upaya pemerintah untuk mencegah timbulnya kabut asap imbas dari Karhutla di Riau. Makanya kita siapkan 17 ton garam,” ujar Kepala BPPT, Hammam Riza di Posko Karhutla di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Senin (4/3).

Sementara untuk operasi modifikasi cuaca ini, Riza menyebut pihaknya akan menggunakan pesawat Cassa 212 milik TNI AU. Adapun pesawat ini mampu membawa 800 kg garam sekali terbang.

Upaya penciptaan hujan buatan sendiri sudah mulai dilakukan sejak Februari dan ditarget bisa selesai akhir Maret ini.

“Untuk Februari ada 5 ton garam sudah menyemai awan di Kabupaten Bengkalis dan Dumai. Sekarang ini kita fokus di Kabupaten Pelalawan dan Meranti,” jelas Riza.

Baca Lainnya: Dalam Dua Bulan 1.136 Ha Lahan di Riau Ludes Akibat Karhutla

Ia menambahkan, jika merujuk pada data hotspot satelit Terra/Aqua, sejak Januari sampai 27 Februari ini terdapat 293 titik panas di Riau, dengan tingkat kepercayaan diatas 80 persen.

“Dengan melihat jumlah hotspot tersebut, sehingga TMC (hujan buatan) ini paling efektif dalam mendukung darurat Karhutla di Riau,” pungkasnya.

Sebelumnya dalam acara hari ini, turut hadir Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Gubernur Riau Syamsuar, hingga jajaran Satgas Karhutla, Korem 031 Wira Bima dan Lanud Roesmin Nurjadin, serta Polda Riau.

Sumber: Detik

CIMB NIAGA

BACAAN TERKAIT