Selasa, 12 Maret 2019

Akun @Opposite6890 Diintai Polisi, Lalu Siapakah ‘Aktor’ Dibalik Akun Tersebut?


Mabes Polri telah mengantongi data dan rincian informasi dari akun @opposite6890. Yang disebut sebagai penyebar konten berita bohong atau hoaks.

Finroll.com – Pemilik akun @opposite6890 diintai polisi karena dinilai telah menyebar info hoaks soal aplikasi bernama Shambar yang dioperasikan di Mabes Polri.

APK Sambhar sendiri disebut merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan koordinasi antara angota polisi dengan buzzer Jokowi.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan tim siber Bareskrim Polri telah melalukan identifikasi. Dan sudah memprofil identitas pelaku di balik akun twitter tersebut.

“Kita sudah dapat datanya, cuma ingat bahwa proses pembuktian suatu tindak pidana itu butuh pembuktian berdasarkan fakta hukum dan alat bukti yang sangat kuat,” tutur Dedi di Mabes Polri yang dikutip dari CNNIndonesia, Selasa (12/3).

Sebelumnya pegiat media sosial Mustofa Nahrawardaya menegaskan bahwa akun tersebut, baik di Twitter maupun Instagram, berhasil membongkar praktik produsen hoax terbesar di Indonesia yang dilakukan oleh oknum-oknum berbaju coklat lewat investigasinya.

Menurutnya, @Opposite6890 berhasil menemukan satu aplikasi yang diinstall oleh ribuan anggota atau member, yang sebagian besar adalah anggota kepolisian.

Ia juga mengatakan, selain diinstall, aplikasi ini dipakai untuk berkomunikasi untuk mengirimkan postingan-postingan yang semuanya merugikan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02.

Seperti diketahui, di media sosial Twitter heboh dengan narasi Mabes Polri menjadi aktor mengorganisir ribuan anggota Polri untuk menjadi buzzer politik mendukung capres Jokowi.

Sebuah akun dengan nama @Opposite6890 mengklaim Mabes Polri membentuk buzzer anggota Polri dari tingkat Polres sampai pusat dan semua anggota buzzer terhubung seluruh Indonesia melalui aplikasi bernama Sambhar.

Lalu siapakah akun @Opposite6890?

Dalam sebuah momen wawancara dengan tv nasional, Mustofa Nahrawardaya keceplosan Sebut hubungi admin Akun @Opposite6890 Yang Fitnah Polri.

Jababeka industrial Estate

https://youtu.be/zlpyuUEd_Ag

Sontak para netizen langsung menyerbu Mustofa Nahrawardaya terkait pernyataannya mengenai akun @opposite6890

 

BACAAN TERKAIT