Fadli Zon Minta Mendagri Mundur Soal Kasus Berserakannya e-KTP

  • Bagikan
Fadli Zon Pertanyakan Keabsahan Penahanan Ahmad Dhani

Finroll.com – Beberapa waktu lalu, masyarakat Duren Sawit Jakarta Timur geger setelah menemukan 2.005 keping e-KTP. Atas kasus ini, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon pun meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mundur.

“Saya kira saudara Tjahjo Kumolo sebaiknya mundur diri saja. Ini enggak becus mengurus masalah e-KTP, mengurus DPT dan juga mengurus data-data kependudukan,” imbuhnya di kompleks gedung DPR Senayan, Jakarta, Selasa (11/12).

Ia merasa permasalahan e-KTP sudah terjadi bertahun-tahun, terlebih kasus berserakannya e-KTP bukan baru pertama terjadi.

“Ini masalah-masalah basic kok, selama 4 tahun ini ngapain saja. Coba lihat aja deh di negara lain, di negara yang paling terbelakang sekalipun. Data penduduk itu seperti apa ya, sampah. Berkarung-karung tercecer di berbagai tempat memalukan,” sambungnya.

Fadli menambahkan, Mendagri tidak perlu menunggu hingga dipecat. Ia menilai sistem data kependudukan harus segera dibenahi secara menyeluruh.

Baca Lainnya: Komisi II DPR RI Sanggah Isu Kecurangan Pemilu Soal e-KTP Berserakan 

“Saya kira ini harus menjadi evaluasi total, sehingga data kependudukan itu menuju single identity number, seperti di negara-negara maju. Semuanya ada di situ dan ada proteksi dong,” tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan dirinya siap di pecat jika kasus tercecernya ribuan e-KTP ini menganggu pendataan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Kalau toh ada yang tidak terdata mungkin dia punya KTP ganda, yang tadi saya sampaikan. Dia sengaja belum punya datanya, ini dijamin enggak akan ada. Saya tanggung jawab, saya siap dipecat kalau ada satu nama pun data yang tercecer mengganggu konsolidasi ini, saya siap dipecat,” tegasnya di Hotel Mercure, Ancol, Senin (10/12).

Sumber: Detikcom

  • Bagikan
-->