Senin, 28 Januari 2019

JK Bicara Soal Jalanan Jakarta: Thamrin Seperti Singapura, Priok Seperti Bangladesh


Finroll.com – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla hari ini memimpin rapat koordinasi mengenai rencana integrasi sistem transportasi antarmoda se-Jabodetabek di kantor wapres.

Sebelum memulai rapat, ia beserta Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Anies Baswedan lebih dulu meninjau sejumlah titik kemacetan di wilayah Jabodetabek melalui helikopter.

Sekitar 45 menit mengudara, JK dan rombongan pun kembali ke kantornya untuk memulai rapat

“Tadi pagi kita naik helikopter keliling Jakarta dan sekitarnya untuk melihat apa yang terjadi dan apa yang harus dilaksanakan. Pertanyaannya adalah apakah masalah kita hanya transportasi, atau bagaimana transportasi bisa menjalankan yang lain?” ujarnya saat membuka rapat.

Lantas ia pun menyoroti adanya disparitas kualitas jalan yang ada di tengah kota dengan yang ada di daerah pinggiran.

“Jalan Thamrin itu seperti di Singapura, tapi kalau kita di belakangnya itu Tanjung Priok seperti Bangladesh. Kalau kayak di Bekasi, kota lain itu lumayan lah,” sambungnya.

Baca Lainnya: Basuki Hadimuljono: Pembangunan Jalan Trans Papua Diharapkan Bisa Tersambung Seluruhnya di Tahun 2019

Untuk itu ia meminta agar jajarannya memperhatikan pentingnya membangun sistem transportasi yang terintegrasi dan efisien di Jabodetabek, untuk menyelesaikan permasalahan kemacetan.

“Kita bicarakan konsepnya apa yang kita harapkan supaya saling nyambung, saling beri manfaat, dan bisa mengembalikan falsafah,” tambahnya.

Ia berpendapat seharusnya Indonesia menganut sistem tata wilayah yang benar, yang mengatur masyarakat menengah ke bawah tinggal di pusat kota, sedangkan masyarakat menengah ke atas tinggal di luar kota.

CIMB NIAGA

“Kalau di negara lain orang kaya tinggal di luar kota, orang yang kurang mampu tinggal di dalam kota. Kalau kita terbalik, orang yang mampu tinggal di dalam kota, orang yang kurang mampu tergeser ke luar kota,” tutupnya.

Dalam rapat tersebut, turut hadir pejabat-pejabat daerah seperti Gubernur DKI Anies Baswedan, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, dan Wali kota Tangerang Selatan Airin Rachmi.

Sumber: Berbagai sumber

BACAAN TERKAIT