Selasa, 10 September 2019

Kasad Hadiri Konferensi Kepala Staf AD Kawasan Indo-Pasifik Tahun 2019 di Bangkok


Finroll.com — Bangkok. Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa melakukan kunjungan kerja ke Thailand dalam rangka menghadiri upacara pembukaan “11th Indo-Pacific Armies Chiefs Conference (IPACC XI)” 43rd Indo-Pacific Armies Management Seminar (PAMS XLIII) and 5th Senior Enlisted Leaders Forum (SELF) 2019 di Hotel Marriott Marquis Queen’s Bangkok, Thailand, Senin (9/9/2019).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra dalam keterangan persnya. Dijadwalkan, Kasad berada di Thailand selama dua hari hingga 10 September 2019.

Candra mengatakan bahwa usai mengikuti upacara pembukaan, Kasad beserta seluruh peserta IPACC, IPAMS dan SELF mengikuti pleno gabungan dengan topik : Membangun kepercayaan di antara Angkatan Darat Indo-Pasifik dalam rangka mengurangi resiko dan konflik.

Sedangkan di hari kedua (10/9), Kasad dan para Ketua Delegasi IPACC menghadiri pleno IPACC dengan topik : Membangun kerangka kerja sama multilateral dengan menggunakan tindakan-tindakan terbaik.

Seperti diketahui bahwa IPACC dan IPAMS tahun 2019 bertindak selaku penyelenggara adalah Angkatan Darat Thailand “(Royal Thai Army)” dengan “Co-Host US Army” . Kegiatan ini dikhususkan bagi Angkatan Darat di Kawasan Indo-Pasifik untuk menggalakkan perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik melalui dialog dan hubungan persahabatan.

“IPACC merupakan event dua tahunan, dimana saat ini telah memasuki pertemuan yang ke 11, tujuannya untuk menyatukan para Kepala Angkatan Darat di Indo-Pasifik guna membangun kepercayaan dan membina hubungan secara personal dalam menangani kepentingan dan tantangan bersama di wilayah tersebut. Selain negara kawasan Asia, kegiatan ini juga diikuti oleh Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat,” ungkapnya.

Sedangkan untuk IPAMS, Candra menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan seminar militer yang sudah berlangsung lama dan paling sukses.

Acara tahunan tersebut telah berkembang sangat pesat dari pertama dilaksanakan yang hanya diikuti 9 negara peserta hingga menjadi 31 negara peserta pada IPAMS 41 di Seoul, Korea Selatan pada 2017 silam. Untuk Delegasi TNI AD, saat ini diwakili oleh Brigjen TNI Steve Parengkuan, Staf Khusus Kasad.

“Kedua event tersebut telah menjadi agenda rutin dalam rangka kerja sama keamanan dengan menyatukan puluhan negara dengan harapan menciptakan sesuatu hal yang baru dalam kerja sama bilateral dan multilateral, dan memungkinkan dialog tentang tantangan keamanan yang paling mendesak di salah satu kawasan,” ujar Candra.

Sedangkan SELF sendiri merupakan forum terpisah, kegiatan diskusi antar prajurit selevel bintara senior untuk dialog terbuka, berbagi pelajaran, membangun dan memelihara hubungan.

Jababeka industrial Estate

Di sela menghadiri IPACC dan IPAMS, sambung Candra, Kasad juga dijadwalkan melaksanakan pertemuan bilateral dengan Kasad beberapa Negara peserta lainnya seperti Australia, Selandia Baru, Brunei Darussalam, Amerika Serikat, Thailand dan Kanada.

“Dalam kesempatan tersebut Kasad juga melaksanakan pertemuan bilateral dengan beberapa negara sahabat, tujuannya untuk membahas kerjasama dari kedua belah pihak,” imbuhnya.

Dalam kunjungan tersebut Kasad didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Ny. Hetty Andika Perkasa dan Asisten Pengamanan (Aspam) Kasad Mayjen TNI M. Nur Rahmad.(red).

BACAAN TERKAIT