Rabu, 5 Desember 2018

Komnas HAM Minta Pemerintah Lindungi Pekerja Korban Selamat Penembakan di Papua


Finroll.com – Komnas HAM meminta pemerintah dan pihak terkait lainnya supaya melindungi korban selamat penembakan dan pembunuhan, para pekerja proyek jembatan di jalan Trans Papua.

“Kami meminta pemerintah memastikan tersedianya perlindungan, menanggung seluruh biaya pemulihan fisik mau pun non fisik para korban dan saksi kunci yang selamat,” papar Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik di kantornya, Rabu (5/12).

Ia mewakili Komnas HAM juga menyampaikan rasa bela sungkawa yang mendalam kepada seluruh keluarga korban, dan mengecam tindakan biadab dan tidak manusiawi. Ahmad pun setuju, jika tindakan-tindakan semacam ini tidak dapat ditolerir.

Baca Lainnya: Jokowi Tak Gentar Pada KKB Untuk Wujudkan Pembangunan Papua

Aparat penegak hukum juga didesak agar bisa segera menindak, dan menangkap para pelaku pembunuhan sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Siang ini konsolidasi tokoh di sana menyatakan kondisi berkabung supaya aware semua, supaya tidak terjadi lagi,” lanjutnya.

Ia menyatakan Komnas HAM berkomitmen untuk terus memantau, dan mengamati perkembangan penanganan kasus ini sesuai dengan perlindungan dan hak asasi manusia.

Namun, apabila tidak ditangani dengan baik dan serius maka di khawatirkan akan terjadi lagi kasus serupa, dan berkembang menjadi kasus hak asasi manusia yang lebih kompleks di keesokan harinya.

Baca Lainnya: Pasca Penembakan Pekerja di Papua, Ratusan Aparat TNI-Polri Siaga

Sumber: Antara

Jababeka industrial Estate

BACAAN TERKAIT