Meski Prabowo-Sandi Absen, Reuni 212 Tetap Diselenggarakan Sesuai Jadwal

  • Bagikan
Reuni 212

Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandi sampai hari ini belum memastikan akan hadir atau tidak dalam acara Reuni 212.

Finroll.com – Meskipun demikian, pengajar Komunikasi Politik dari UIN Syarif Hidayatullah Adi Prayitno menilai ketidakhadiran Prabowo-Sandi tidak akan berpengaruh apa pun pada Reuni 212.

“Tak akan berpengaruh. Aksi tak akan kehilangan legitimasi. Karena aksi ini adalah aksi di mana mereka menunjukkan eksistensi politik keagamaan mereka, yang dianggap mampu mengalahkan Ahok dua tahun lalu. Mereka perlu merayakan momentum itu,” kata Adi yang dikutip dari Tirto.

Apalagi, kata Adi, suara para peserta aksi Reuni 212 juga sudah pasti diberikan ke Prabowo-Sandiaga. Hal ini mengingat selama ini narasi yang dimainkan oleh Persaudaraan Alumni (PA) 212 selalu berbau anti-pemerintahan dan keinginan ganti presiden.

“Tak ada hubungan hierarkis yang harus memaksa Prabowo dan Sandiaga datang. Resonansi politik mereka muaranya ganti presiden dan anti-Jokowi, jika Prabowo dan Sandiaga hadir, ya akan lebih semangat saja,” kata Adi.

Reuni 212 rencananya akan digelar di Jakarta, pada 12 Desember 2018. Hingga saat ini, Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengaku belum memutuskan hadir atau tidak dalam acara itu.

“Saya harus cek dulu, jadwal saya sampai Desember padat. Saya harus bicarakan juga dengan Pak Prabowo. Efektifitas kita hadir, kalau dua-duanya hadir itu bagaimana? Kalau cuma satu yang hadir seperti apa?” Kata Sandi kepada wartawan. (Tirto)

  • Bagikan
-->