Kamis, 9 Juli 2020

Pemerintah Putuskan Tak Gelar Salat Idul adha di Istiqlal


Finroll.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, tak akan menggelar kegiatan salat Iduladha tahun ini.

Hal ini, kata dia, disepakati setelah pemerintah melakukan rapat dengan sejumlah menteri dan lembaga termasuk dengan Dewan Masjid Istiqlal terkait penyelenggaraan Iduladha.

“Dan akhirnya, pertama tentang penggunaan Masjid Istiqlal pada intinya Masjid Istiqlal tahun ini tidak digunakan untuk mengadakan salat Iduladha,” kata Muhadjir saat melakukan konperensi pers melalui aplikasi Zoom, Kamis (9/7).

Terkait hal ini, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar menjelaskan alasan tempatnya belum bisa digunakan umat untuk menggelar salat Iduladha. Dia mengatakan masjid itu memang belum memungkinkan untuk menggelar kegiatan salat berjamaah untuk perayaan Iduladha, sebab proses renovasi belum selesai dilakukan.

“Di Istiqlal belum memungkinkan, obyektifnya kita renovasi memang hampir selesai yakni 90 persen. ada yang belum selesai (misalnya) ada pintu masuknya,” kata Nazaruddin yang juga mengikuti kegiatan konferensi pers itu.

Lagi pula, kata dia, masih ada beberapa hal yang memang perlu dibereskan padahal perayaan Iduladha akan dirayakan setidaknya tiga pekan lagi, akhir bulan ini. Atas dasar itu, sambungnya, Masjid Istiqlal belum siap menerima jemaah dalam jumlah besar karena waktu yang cukup mepet.

“Karena waktu mepet sementara renovasi belom selesai masih banyak hal-hal yang belum kita sempurnakan, tadi barusan diputuskan Istiqlal belom bisa dipakai Iduladha. Menolak bahaya lebih diutamakan dari mengejar manfaat,” kata Nasarudin.

Keputusan yang diungkapkan Muhadjir tersebut pun mementahkan pernyataan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi pada Selasa (7/7) lalu mengatakan Iduladha mengatakan salat Iduladha juga bakal menjadi momen pembukaan kembali Masjid Istiqlal.

“Insya Allah akan dilaksanakan Salat Iduladha tingkat kenegaraan di Masjid Istiqlal dengan penrapan protokol kesehatan Covid-19 sebagai awal dibukanya kembali Masjid Istiqlal untuk jemaah umum,” kata Fachrul dalam Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (7/7).

Sementara itu, dengan tak digelar salat Iduladha di Masjid Istiqlal, maka masjid terbesar di Asia Tenggara itu melengkapi tak menggelar ibadah salat hari raya umat Islam pada tahun ini, 1441 Hijriah. Sebelumnya, Istiqlal pun tak menggelar Salat Idulfitri 1441 Hijriah pada 24 Mei 2020.

CIMB NIAGA

Sumber : CNN Indonesia

BACAAN TERKAIT