Sabtu, 23 Februari 2019

BMKG Deteksi Peningkatan Curah Hujan di Sebagian Wilayah Tiga Hari Kedepan


Finroll.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan adanya peningkatan curah hujan di sebagian besar wilayah.

Kondisi ini diprediksi bisa terjadi selama tiga hari kedepan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo mengatakan, hal ini terjadi karena sejumlah faktor diantaranya adanya sirkulasi siklonik di sekitar wilayah Sumatera.

Kemudian terdapat sirkulasi tertutup di Kalimantan Barat dan Selat Makasar, sehingga membentuk belokan dan pertemuan angin yang menyebabkan massa udara cenderung terkonsentrasi.

Baca Lainnya: Puncak Musim Hujan Makin Dekat, Waspada Bencana Hidrometeorologi!

“Kondisi udara yang relatif lebih lembab juga mendukung pertumbuhan awan-awan hujan. Diprakirakan keadaan ini akan berlangsung hingga tiga hari ke depan,” tulis Prabowo dalam keterangan resminya yang dilansir dari Republika, Sabtu (23/2).

Adapun wilayah yang berpotensi hujan lebat serta hujan disertai kilat/petir periode 23-25 Februari 2019 yakni Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Begitu juga di Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Papua.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 26-28 Februari 2019, adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi, Kepulauan Riau, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kemudian Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Papua dan Papua Barat.

CIMB NIAGA

Sumber: Republika

BACAAN TERKAIT