Kamis, 1 November 2018

Buaya Mengintai Warga di Sungai Siak, BBKSDA Riau Pasang Rambu Peringatan


Finroll.com — Keberadaan buaya yang hidup di Sungai Siak, Pekanbaru Riau saat ini terus mengkhawatirkan. Terlebih, reptil karnivora berbobot ratusan kilogram itu sudah terlihat warga di pinggir sungai. Untuk itu BBKSDA Riau akan pasang rambu peringatan.

“Kami rasa perlu ada kesadaran dari pemerintah mulai dari kelurahan dan kecamatan untuk memasang rambu peringatan di Sungai Siak,” ujar Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Riau, Mulyo Hutomo kepada Antara, Kamis (1/11) di Pekanbaru.

Baca Juga: Si Buta Dari Gua Hantu Akan Segera Hadir di Layar Lebar

Langkah ini dilakukan setelah ada dua laporan warga yang melihat buaya dalam seminggu terakhir. Mulyo menegaskan, rambu-rambu peringatan buaya ini sangat penting agar warga waspada saat beraktivitas di sungai.

Sungai yang banyak buaya di Siak

BBKSDA Riau menyatakan, setidaknya ada empat sungai besar dimana buaya kerap kali muncul. Yakni Sungai Rokan, Siak, Kampar, dan Indragiri. Dengan jenis buaya yang umum ditemui adalah buaya muara (crocosylus porosus) dan buaya senyulong (Tomistima sp).

“Untuk buaya yang ada di Sungai Siak berjenis buaya senyulong. Dengan ciri mulut panjang dan lebih kecil dari buaya muara. Dia pemakan ikan,” lanjut Mulyo.

Di sisi lain, aktivitas terbaru dari buaya yang mengintai di Sungai Siak diketahui terjadi pada Rabu (31/10) kemarin.

“Ya, selama ini jarang muncul buaya. Tapi belakangan sering terlihat,” Ujar seorang penjaga lokasi pemancingan di Kecamatan Rumbai, Hermon, kepada wartawan, Rabu (31/10).

Ia melanjutkan, buaya itu terlihat terakhir kali pada pagi 09.30 kemarin, di kawasan jembatan Siak III.

Jababeka industrial Estate

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT