Senin, 4 Februari 2019

Fadli Zon Pertanyakan Keabsahan Penahanan Ahmad Dhani


Finroll.com – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon beserta sejumlah anggota Komisi III DPR menuju ke Pengadilan Negeri Tinggi Jakarta.

Langkah Fadli ini diambil lantaran dirinya ingin menanyakan keabsahan proses penahanan Ahmad Dhani oleh pengadilan.

“Kami mau tanya, apa ada penetapan dari pengadilan untuk menahan saudara Ahmad Dhani?. Karena surat yang ada hanya dari kejaksaan. Ini tidak boleh kejaksaan melakukan penahanan tanpa ada penetapan hakim,” ujar Fadli di Komplek DPR RI, Jakarta, Senin (4/2).

Politikus Partai Gerindra ini menganggap penahanan yang dilakukan terhadap Dhani tidak beralasan. Sebab pengacara telah melakukan banding.

Baca Lainnya: Ahmad Dhani Keluhkan Kondisi Penjara Cipinang, Tidur Berhimpitan dan Napi Perokok

“Kalau tidak ada (penetapan dari hakim), maka yang terjadi pada saudara Ahmad Dhani adalah penyanderaan atau penculikan,” tegasnya.

Fadli berpandangan bahwa vonis PN Jakarta Selatan terhadap Ahmad Dhani statusnya belum inkrah. Sehingga dirinya menduga ada upaya penyanderaan terhadap musisi itu.

“Kami mau memeriksa adakah penetapan hakim sehingga tidak ada abuse of power. Beda lho penetapan dengan putusan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ahmad Dhani divonis 1,5 tahun penjara setelah terbukti melakukan penyebaran ujaran kebencian lewat akun Twitter pribadi miliknya. Setelah vonis hakim dibacakan, salah satu pentolan grup band Dewa 19 itu langsung dibawa ke Rutan Cipinang untuk ditahan.

“Menjatuhkan pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan memerintahkan agar terdakwa ditahan,” ungkap Hakim Ketua Ratmoho ketika membaca amar putusan Ahmad Dhani, Senin (28/1) lalu.

Jababeka industrial Estate

Sumber: Berbagai sumber

 

BACAAN TERKAIT