Rabu, 19 Desember 2018

Gempar! Lubang Besar Tercipta di Jalan Gubeng Surabaya Semalam


Finroll.com – Selasa (18/12) malam, warga Kota Surabaya digemparkan oleh peristiwa amblesnya Jalan Gubeng yang terletak di dekat RS Siloam dan BNI Gubeng arah jalan Sumatera. Amblesnya jalan ini pun menciptakan lubang besar menganga sedalam 8 meter, dan lebar 25 meter.

“Benar, ada jalan ambles di sekitar RS Siloam,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya, Eddy Christijanto di Surabaya, Selasa (18/12).

Sementara, Eddy mengaku belum bisa memastikan penyebab jalan yang masih mulus itu tiba-tiba ambles dalam. Ia pun menduga gerakan tanah yang diakibatkan pembangunan proyek basement di sekitar jalan itu menyebabkan jalan ambles.

“Ada pembuatan basement, kemungkinan cara mengeruknya dengan menggunakan semprotan air sampai ke dalam, sehingga membuat jalan ambles,” imbuhnya.

Baca Lainnya: Sejumlah Wilayah Diprediksi Alami Hujan Deras Saat Natal, Dimana Saja?

Di sisi lain, Polda Jawa Timur langsung mengamankan lokasi amblesnya jalan, dan melarang masyarakat mendekati area TKP.

“Kami telah meninjau lokasi tanah ambles bersama tim ahli geologi dari Pemkot Surabaya. Diperoleh kepastian tanah di sekitarnya hingga kini masih dimungkinkan bergerak,” ujar Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan, Rabu (19/12) dini hari.

Ia menambahkan, penyebab pasti amblesnya jalan masih diselidiki. Beberapa saat setelah kejadian, polisi langsung membuat perimeter dengan memasang garis polisi sekitar 300 meter.

“Lalu lintas di Jalan Raya Gubeng untuk sementara waktu kami alihkan,” tegasnya.

Sumber: Tempo

CIMB NIAGA

BACAAN TERKAIT