Senin, 31 Mei 2021

Kemenag Akan Putuskan Nasib Ibadah Haji 2021 Bersama DPR


Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, Khoirizi mengatakan pihaknya bersama DPR akan membahas sikap untuk memutuskan penyelenggaraan ibadah haji bagi calon jemaah Indonesia tahun 1442 Hijriah/2021 ini.

“Yang jelas, apapun keputusan akan dibicarakan antara pemerintah dengan DPR,” kata Khoirizi dalam keterangan resminya yang dikutip Senin (31/5).

Khoirizi tak merinci kapan pembahasan akan dilakukan dengan DPR. Ia hanya memastikan bahwa Kemenag akan melakukan mitigasi terkait penyelenggaraan haji tahun ini.

Saat ini, kata dia, pemerintah belum memutuskan apakah akan memberangkatkan calon jemaah atau tidak. Pembahasan dan keputusannya akan dikeluarkan setelah ada kebijakan detail dari Arab Saudi. 

Arab Saudi sendiri telah memutuskan akan membuka lagi penyelenggaraan ibadah haji 2021. Ibadah akan dibuka dengan menerapkan syarat khusus karena masih di masa pandemi virus corona.

Meski demikian, pihak Saudi masih belum memberikan informasi rinci terkait kuota dan persyaratan untuk calon jemaah.

Oleh karena itu Khoirizi berharap Arab Saudi bisa segera mengumumkan teknis operasional haji terutama terkait kuota.

“Sehingga, Kemenag dan Komisi VIII bisa membahasnya lebih lanjut,” kata dia.

Selain info dari Saudi, Khoirizi mengatakan teknis kesiapan dari Kemenag juga akan mempertimbangkan faktor waktu. Hal itu menjadi pertimbangan penting mengingat jangka waktu proses pemberangkatan, pengadaan layanan, dan hal lain terkait persiapan haji.

Pada tahun lalu pemerintah Indonesia memutuskan tidak mengirimkan calon jemaah haji akibat pandemi virus corona. Ditanya kemungkinan Kemenag mengambil keputusan seperti tahun lalu, Khoirizi mengatakan bahwa semua opsi akan dibahas oleh Menag bersama DPR. “Waktu terus berjalan. Kita akan bahas semua opsi berikut persiapan dan mitigasinya bersama DPR,” kata dia.

CIMB NIAGA

sumber :cnnindonesia.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT