Senin, 12 November 2018

Masuk Musim Hujan, Provinsi Jabar Sudah Siaga Satu


Finroll.com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menegaskan jika pihaknya telah menetapkan status siaga satu bencana banjir dan longsor dalam menghadapi masuknya musim hujan.

“Pertama saya sampaikan, kita siaga satu untuk urusan hujan ini. Tim sudah standby 24 jam, termasuk yang longsor. Kemungkinan hari Rabu saya ke sana (longsor di Gentong/Naringgul, Cianjur),” ujar Emil sapaan akrabnya di Gedung Sate Bandung, Senin (12/11) yang dilansir Antara.

Kepada masyarakat Jabar, ia meminta agar terus meningkatkan kewaspadaan atas berbagai potensi bencana alam yang diakibatkan oleh hujan deras. Terlebih, Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan.

Baca Lainnya: Masuki Musim Hujan, Menteri Basuki Instruksikan Seluruh Kepala Balai Siaga Antisipasi Banjir

Dalam sepekan terakhir, beberapa wilayah di Jabar sudah mulai dilanda bencana misalnya banjir bandang di Kabupaten Tasikmalaya, banjir di Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, banjir Pangandaran, dan longsor di kawasan Gentong Tasikmalaya, longsor di kawasan Naringgul Kabupaten Cianjur.

“60 persen bencana hidrologis di Indonesia itu ada di Jabar. Ada dan tidak ada manusia sampai sekarang bencana terjadi. Ada air meluap, longsor dan lainnya,” imbuhnya.

Upaya Mitigasi Bencana

Gubernur Emil juga telah menginstruksikan jajarannya seperti Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) di daerah agar siap siaga. Diharapkan, dengan sejumlah langkah mitigasi bencana yang dilakukan bisa meminimalisir dampak bencana, dan proses penanganan bencana juga relatif lebih cepat.

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT