Senin, 5 November 2018

Padang Diterjang Banjir Besar, Pemda Tetapkan Masa Tanggap Darurat


Finroll.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Sumatera Barat, saat ini sudah menetapkan masa tanggap darurat selama tujuh hari setelah beberapa daerah terendam banjir besar pada Jumat (2/11).

BPBD Kota Padang mencatat, terdapat puluhan titik diantaranya Kelurahan Alai Parak Kopi, Seberang Padang, Koto Baru, Kabupaten 50 Kota, Bungus Teluk Kabung, Lubuk Begalung, Pauh, Lubuk Kilangan, Padang Selatan, dan Padang Utara.

“Status tanggap darurat bencana ditetapkan selama tujuh hari, terhitung banjir yang terjadi di beberapa lokasi di Padang sejak Jumat (2/11),” ujar Kepala Pelaksana BPBD Padang, Edi Hasymi di Padang, Senin (5/11) yang dilansir dari Antara News.

Edi menambahkan, tim BPBD masih mengalami kendala ketika membersihkan rumah warga dan fasilitas umum akibat tebalnya lumpur, dan sumber air yang terputus.

Baca Lainnya: Kementerian PUPR Lakukan Langkah Antisipasi Banjir Pada Musim Hujan 2018-2019

“Mobil pemadam kebakaran juga akan dikerahkan untuk menangani material lumpur yang mengering usai banjir,” sambungnya.

Banjir akibat curah hujan tinggi

Tingginya curah hujan di wilayah Padang diyakini menjadi penyebab ribuan rumah warga terendam setinggi 30 hingga 100 sentimeter. Bahkan di kawasan Batuang Taba, Gurun Laweh, dan Seberang Padang ketinggian banjir mencapai 100 sentimeter. Dua jembatan di Kecamatan Lubuk Kilangan dan Kecamatan Bungus Teluk Kabung juga dilaporkan terputus setelah diterjang banjir.

“Warga kita minta tetap tinggal di pengungsian karena kondisi rumahnya tidak bisa ditinggali. Cuaca juga tidak bersahabat,” ujar Bupati 50 Kota, Irfendi Arbi yang dilansir dari Detikcom. BPBD setempat juga mencatat setidaknya ada tiga orang warga yang meninggal akibat banjir. Satu korban berada di Kabupaten Sijunjung, dan dua orang sisanya berada di Padang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, tim dari BNPB sudah meninjau lokasi bencana, dan berkoordinasi dengan BPBD Padang. “Tim dari BNPB meninjau lokasi kejadian dengan didampingi BPBD Kota Padang ke wilayah terdampak di Kelurahan Baringin, Kecamatan Lubuk Kilangan,” ujar Sutopo dalam keterangan persnya.

Jababeka industrial Estate

Source: berbagai sumber

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT