Senin, 11 Februari 2019

Panglima TNI Siapkan Armada Untuk Bantu KKP Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan


Finroll.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan jajarannya siap untuk mem back up Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam menjaga SDA laut Indonesia.

Ia mengatakan armada TNI AL selalu siap untuk menangkal seluruh gangguan yang mengancam sumber daya kelautan Tanah Air. Termasuk dalam hal ini kapal-kapal asing pencuri ikan.

“Kami berupaya menghalau gangguan. Kami siap menggelar kekuatan apabila Ibu perlukan, saya harap semua TNI tetap komitmen mendukung kebijakan KKP dan saya sangat bangga, satu kata buat Ibu, Tenggelamkan!” tegas Hadi di kantor KKP, Jakarta Pusat, Senin (11/2).

TNI disebutnya juga memiliki infrastruktur pendukung untuk membantu mengamankan laut Indonesia. Sehingga apabila dibutuhkan KKP, TNI siap membantu dengan sekuat tenaga.

“TNI juga memiliki infrastruktur yang bisa digelar dimana saja, yang mungkin diperlukan oleh KKP. TNI siap untuk membantu melaksanakan tugas yang diembankan kepada KKP,” lanjutnya.

Pada hari ini, KKP dan TNI juga melakukan penandatanganan MoU selama lima tahun kedepan tentang penguatan ketahanan pangan, dan pengamanan sektor kelautan dan perikanan.

Baca Lainnya: Menteri Susi : Kadal Mau Dikadalin

Menteri KKP Susi Pudjiastuti menegaskan, kerjasama pihaknya dengan TNI ditujukan untuk menjaga sumber daya kelautan nusantara.

“Ini untuk meningkatkan kerja sama dengan TNI, memastikan sumber daya kelautan dan perikanan terjaga,” ujar Susi.

KKP disebut Susi juga terus berupaya memberantas illegal, unreported, and underregulated (IUU) fishing dengan kerjasama melalui berbagai pihak.

CIMB NIAGA

Sinergi yang dilakukan oleh KKP-TNI ini diharapkan Susi akan mewujudkan visi-misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia jadi poros maritim dunia.

“Nilai yang ada di laut kita itu kaya raya, sumber daya energi, tambang, ikan, dan air, serta sebagainya. 70% negara kita laut. Jadi laut wajib dijaga kedaulatannya, karena di lautlah kesempatan anak bangsa,” tandasnya.

Sumber : Berbagai sumber

BACAAN TERKAIT