Senin, 18 Februari 2019

Ridwan Kamil: Anggaran Citarum Harum 2019 Cair Maret


Finroll.com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan anggaran Gerakan Citarum Harum 2019, paling lambat dicairkan pada pertengahan Maret.

“Jadi saya sudah nagih ke Pak Luhut (Menko Bidang Kemaritiman). Pak Luhut bilang paling telat pertengahan Maret,” kata pria yang akrab disapa Emil, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (18/2/2019).

Pria yang akrab disapa Emil ini pun berharap, anggaran ini segera cair sebab dana operasional terutama di TNI untuk Citarum Harum sudah habis. Sehingga sedikit banyak mengganggu kinerja.

“Pertengahan Maret semua sudah cair. Sehingga kerepotan-kerepotan khususnya TNI yang sudah bekerja tapi kurang logistik bisa diselesaikan,” sambungnya.

Terkait dengan itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jabar, Bambang Rianto mengaku saat ini masih ada kendala teknis dalam pencairan anggaran Gerakan Citarum Harum.

Salah satunya yang menyangkut pengadaan insenerator atau alat pembakar sampah. Bambang menyebut pengadaan ini sudah diusulkan ke Kementerian PUPR, namun pihak PUPR menilai ini bukan menjadi wilayah pekerjaannya.

Baca Lainnya: Ridwan Kamil Sebut Sektor Bisnis Peternakan Jabar Sangat Potensial, Kenapa?

“Jadi kemarin tuh, kita kan usulkan ke PUPR. Nah PUPR merasa insenerator itu bukan tupoksinya Kementrian PUPR. Mereka ingin dialihkan ke KLHK. Jadi kegiatan itu tidak di PUPR tapi di KLHK,” sambungnya.

Sehingga akibat masalah itu, anggaran sekitar Rp600 miliar belum bisa dicairkan.Sebab Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan tidak bisa mencairkan secara bertahap.

“Pengusulan anggaran Citarum itu di PUPR semuanya. Tapi Dirjen Anggaran itu katanya tidak bisa displit,” lanjutnya.

Jababeka industrial Estate

“Anggaran sekitar Rp600 miliar itu untuk TNI, insenerator, pembangunan 2.500 mck, kolam retensi dan kegiatan lainnya. Maka besok dicari solusinya dengan Dirjen Anggaran (supaya bisa segera cair),” sambungnya.

Sumber: Detik

BACAAN TERKAIT