Rabu, 2 Juni 2021

Satgas Dorong Pemda di Jawa Berkolaborasi Tangani Covid-19


Satgas Penanganan Covid-19 meminta pemerintah daerah beserta masyarakat di Pulau Jawa berkonsolidasi menangani lonjakan kasus Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, dalam sepekan terakhir ada lima provinsi yang tercatat berkontribusi atas peningkatan kasus positif Covid-19 di Indonesia. Kelima provinsi itu adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Riau, dan Kepulauan Riau.

“Jika dilihat secara umum, maka provinsi di Pulau Jawa menyumbangkan 53 persen dari seluruh kasus nasional selama seminggu terakhir. Ini adalah angka yang cukup tinggi, mengingat hanya dengan enam provinsi di Pulau Jawa mampu menyumbang lebih dari setengah total kasus nasional,” ungkap Wiku dalam konferensi pers pada Selasa (1/6).

Ada beberapa hal yang menyebabkan kondisi tersebut. Selain sebagai pulau terpadat di Indonesia, Pulau Jawa diketahui memiliki banyak kota besar yang menjadi pusat kegiatan ekonomi, juga menjadi tujuan mudik terbesar.

“Khususnya kepada pemerintah daerah dan masyarakat di provinsi-provinsi Pulau Jawa mohon dapat segera memperbaiki penanganan (Covid-19) di wilayahnya masing-masing,” ujar Wiku.

Menurut Wiku, jika provinsi-provinsi di Jawa sungguh-sungguh memperbaiki penanganan kasus positif, hal itu bisa menurunkan tingkat penyebaran Covid-19 pada skala nasional. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan konsolidasi antarwilayah, misalnya lewat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda.

Wiku menekankan, konsolidasi harus dilakukan antarwilayah, bukan per wilayah. Forum komunikasi antarwilayah diyakini dapat menjadi wadah bagi para pemimpin daerah untuk bersama-sama merumuskan penanganan terbaik menghadapi lonjakan kasus di Jawa.

Sementara untuk masyarakat, diimbau untuk tetap #ingatpesanibu dalam menjalankan protokol kesehatan. Protokol kesehatan yang dimaksud mencakup memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

sumber :cnnindonesia.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT