Kamis, 17 Januari 2019

Sepanjang Januari 2019, 124,5 Hektare Lahan di Riau Ludes Akibat Karhutla


Finroll.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau mencatat, sepanjang Januari 2019 lahan dan hutan yang terbakar di Provisi Riau mencapai 124,5 hektare.

“Luas lahan terbakar hingga hari ini kurang lebih 124,5 hektare yang terjadi di enam kabupaten dan kota,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Riau, Edwar Sanger yang dilansir dari Antara, Kamis (17/1).

Kebakaran lahan ini terjadi akibat minimnya curah hujan dan tingginya hembusan angin. Sehingga titik api masih ditemukan di enam kabupaten yakni Rokan Hilir, Bengkalis, Kampar, Dumai, Kepulauan Meranti dan Pekanbaru.

Edwar menyebut kebakaran hutan dan lahan terbanyak ada di Rokan Hilir, dengan rincian 87 hektare lahan terbakar berada di Kecamatan Tanah Putih, Batu Hampar, dan Rimba Melintang.

Baca Lainnya: Ada El Nino Moderat, Kementerian LHK Siap-siap Antisipasi Karhutla

Kebakaran hutan dan lahan juga masih terjadi di Kecamatan Mandau, Bathin Solapan, serta Desa Pambang di Kecamatan Bantan, dan sejumlah daerah sekitarnya.

Meski demikian, Edwar menilai jika secara keseluruhan Provinsi Riau masih aman dari ancaman kebakaran hutan dan lahan, kecuali wilayah tengah, pesisir timur, dan sebagian wilayah barat.

“Sebab wilayah-wilayah itu dalam kategori mudah hingga sangat mudah terbakar,” tandasnya.

Sumber: Antara

BACAAN TERKAIT