Selasa, 27 November 2018

Tiga Minggu Lebih Penerapan E-Tilang, 3.624 Kendaraan “Tercyduk”


Finroll.com – Selama kurang lebih 24 hari penerapan tilang elektronik (e-tilang) atau juga yang disebut E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) di Jalan Medan Merdeka, dan Jalan MH Thamrin, Polda Metro Jaya berhasil menindak 3.624 pengendara.

“Jalan Medan Merdeka sebanyak 1.156 kendaraan, dan Jalan MH Thamrin sebanyak 2.468 kendaraan,” ungkap Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf dalam keterangannya, Selasa (27/11).

Baca Lainnya: Ini Jenis Pelanggaran yang akan Terkena E-Tilang

Sementara itu, Yusuf menambahkan untuk yang terkonfirmasi sudah ada 1.917 kendaraan. Dengan rincian di Jalan Medan Merdeka sebanyak 397 kendaraan, terdiri dari pelat hitam (363 kendaraan), pelat kuning (31 kendaraan), dan pelat merah (3 kendaraan). Kemudian, di Jalan MH Thamrin ada sebanyak 1.520 kendaraan, yang terdiri dari pelat hitam (1.222 kendaraan), pelat kuning (296 kendaraan), dan pelat merah (2 kendaraan).

“Jumlah yang terkonfirmasi selama 24 hari sebanyak 1.917 kendaraan,” imbuhnya.

Di sisi lain, ia juga menjelaskan sebanyak 180 pelanggar sudah melakukan pembayaran denda tilang, dan 124 pelanggar sudah di vonis di PN Jakarta Pusat.

Bisa Hindari Uang Damai Pelanggar dengan Petugas

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi menilai penerapan e-tilang (E-TLE) bisa menghapus budaya uang damai yang biasa dilakukan pelanggar lalu lintas dengan oknum polisi.

“Pada konteks pelayanan publik, E-TLE juga merupakan inovasi pelayanan publik karena adanya unsur kebaruan, kemudahan, akuntabilitas tinggi. Fenomena suap antara oknum polantas dengan pelaku pelanggar lalu lintas    akan hilang,” ungkapnya dalam keterangan resmi.

Sumber: Detikcom

CIMB NIAGA

BACAAN TERKAIT