Senin, 4 Oktober 2021

Toyota Avanza Nekat Halangi Laju Ambulans yang Sedang Bawa Pasien


Peristiwa Toyota Avanza nekat halangi laju Ambulance berlangsung pada Sabtu (2/10) malam di Jakarta Timur, Jalan Raya Bogor, Kramat Jati. Kondisi lalu lintas saat itu sedang macet dan mobil ambulans berjalan lawan arah untuk menghindari kemacetan. Akun pertama yang membagikan video tersebut diketahui @septianp93 yang juga berada di dalam mobil ambulans. Kemudian, video itu diunggah ulang akun Instagram @emergencyresponseindonesia sehingga viral di media sosial.

Kejadian bermula saat ambulans membawa pasien dari RS Pasar Rebo, menuju ke arah Pulo Gebang, Jakarta Timur. Saat sampai di daerah Kramat Jati, arus lalu lintas macet. Demi mengejar waktu, ambulans mengambil jalur berlawanan arah agar dapat menghindari macet. “Di Kramat Jati macet total, jadi relawan mutusin untuk contraflow,” bunyi deskripsi dari unggahan tersebut.Namun Toyota Avanza yang sedang melaju di jalur tersebut seperti tak terima jalurnya diserobot.”Jika mengacu pada kedaruratan, tentunya ambulans punya hak untuk mengambil alternatif solusi dan ini dibutuhkan ketenangan si pembuka jalan untuk bisa meminta jalan ke (pengguna jalan) yang lain,” kata Andry sebagaimana dilansir dari detikOto (detikcom), Minggu (3/10/2021). “Sementara dari sisi si pengemudi Avanza tentunya diharapkan bisa lebih mengerti situasi dan mengalah (tidak egois dengan tidak mempertahankan hak jalan). Dibutuhkan saling empati saja agar tidak membuka ruang emosi di kedua belah pihak,” sambung Andry. Menurut Andry, insiden tersebut agak sulit diperdebatkan karena ambulans melawan arah dan si pengemudi Avanza menghalangi karena mungkin merasa benar juga.

“Emergency respons pak. Emergency respons pak. Bawa pasien pak,” ujar seseorang yang ada di mobil ambulans tersebut. Pengendara Avanza putih tersebut sempat berhenti sejenak dan berbicara dengan relawan yang mengawal mobil ambulans tersebut. Tidak berapa lama, si pengemudi tersebut akhirnya memberi jalan kepada ambulans dan melanjutkan perjalanannya.

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT