Kamis, 21 Oktober 2021

Penegak Pramuka Kota Jambi dijadikan duta narkoba


Target dari kurir narkoba adalah para pemuda yang sengaja ingin menghancurkan pemikiran generasi muda.

Jambi (ANTARA) – Sebanyak 50 penegak Pramuka Kwarcab Kota Jambi direkrut untuk menjadi duta narkoba, dan kali ini mendapatkan pembekalan dari BNN (Badan Narkotika Nasional) Kota Jambi yang digelar di Kantor Kwarcab Kota Jambi di kawasan Telanai, Kota Jambi.

Wakil Wali Kota Jambi Maulana hadir dan membuka acara pelatihan untuk menjadi duta narkoba yang diselenggarakan 20-22 Oktober 2021, dihadiri oleh 50 orang penegak Pramuka dari berbagai SMA se-Kota Jambi, Rabu.

Perekrutan kader antinarkoba yang sebelumnya minimal 100 orang, namun dikarenakan kondisi pandemi yang masih belum bisa diatasi, sehingga diputuskan untuk mengurangi kuota kader menjadi 50 orang.

Kegiatan yang dilakukan bermaksud untuk menciptakan kader antinarkoba, sekaligus memberikan bekal dan wawasan yang luas kepada generasi muda yang rentan akan maraknya kegiatan narkoba.

“Kita sebagai menjadi makhluk yang cerdas, karena target dari kurir narkoba adalah para pemuda yang sengaja ingin menghancurkan pemikiran generasi muda melalui sistem saraf yang ada di otak,” kata Maulana.

Ketua Kwarcab Kota Jambi Rifai menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah terhenti selama dua tahun, dan ini merupakan satu-satunya gerakan yang ada di tingkat nasional dan menjadi kebanggaan di tingkat nasional.

Data BNN Kota Jambi bahwa penyalahgunaan narkoba pada masa pandemi menunjukkan kenaikan yang signifikan, dikarenakan banyak perusahaan yang memutuskan untuk memberhentikan para pegawainya (PHK).

Kemudian, banyaknya waktu luang bagi anak yang masih di bawah umur ini bisa menjadi peluang bagi kurir narkoba untuk kembali beraksi dengan menjual barang-barang yang dilarang dan menghancurkan masa depannya.

“Jika kita ingin menciptakan kader yang tangguh, sebelum itu kita harus memiliki filosofi seperti pedang yang tekun agar mendapatkan hasil yang maksimal,” kata Latifa, perwakilan dari BNN Kota Jambi itu.
Baca juga: Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia tinjau lokasi PWN 2021
Baca juga: Gubernur Jambi diundang ke Jambore Pramuka dunia di AS

Jababeka industrial Estate

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Budisantoso Budiman
Sumber : ANTARA

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT