Kamis, 7 Februari 2019

Perludem Catat Masih Ada 14 Nama Caleg eks Koruptor yang Belum Diumumkan


Finroll.com – Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menyebut masih ada 14 nama caleg yang pernah terjerat kasus korupsi. Ke empat belas nama ini pun belum diumumkan oleh KPU.

Sebelumnya KPU sudah mengumumkan 49 nama caleg eks koruptor yang ikut pemilu 2019. Perludem sendiri mencatat ada 63 nama caleg mantan koruptor yang ikut serta dalam Pemilu 2019.

“Setelah kami kumpulkan putusan-putusan pengadilannya yang inkrah ternyata data yang bisa kami kumpulkan dari Perludem ada pertambahan 14 caleg mantan terpidana korupsi,” ujar Direktur Perludem, Titi Anggraini dalam diskusi di Kantor KPU Jakarta, Kamis (7/2).

Ia menambahkan sebanyak 13 orang di antaranya dalam pemilu 2019 maju sebagai caleg DPRD tingkat kabupaten/kota. Satu orang sisanya adalah adalah caleg DPRD tingkat provinsi.

Sementara itu Perludem mencatat ada 11 provinsi yang bebas dari caleg eks koruptor, yakni Sumbar, Bengkulu, Jawa Barat, Yogyakarta, Bali, Kalsel, Kalbar, Kalimantan Utara, Kaltim, Maluku dan Papua.

Baca Lainnya: Catat, Berikut 49 Caleg Mantan Terpidana Korupsi yang Dirilis KPU

Berdasarkan partainya, Titi mengatakan Hanura menjadi partai dengan tambahan caleg mantan koruptor terbanyak dengan 3 orang. Diikuti oleh Partai Berkarya 2 orang, PPP 2 orang, Partai Demokrat 2 orang, PKPI 2 orang, PKS 1 orang, Partai Perindo 1 orang, dan PAN 1 orang.

“Sekarang hanya tinggal tiga, dari data kami, partai yang tidak ada mantan napi korupsinya; PKB, NasDem, dan PSI,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama Komisioner KPU Ilham Saputra mengapresiasi masukan dan data tambahan dari Perludem. Ia mengatakan pihaknya sedang memutakhirkan data terbaru caleg eks koruptor.

“Nanti kita akan umumkan, tentunya akan bertambah. Kalau Perludem empat belas, kita bisa lebih,” tukasnya.

CIMB NIAGA

Sumber: CNN Indonesia

BACAAN TERKAIT