Selasa, 6 November 2018

Tok! Hakim Vonis Empat Pengeroyok Haringga Sirla 3-4 Tahun Penjara


Finroll.com – Setelah menjalani rangkaian persidangan, akhirnya hakim memvonis empat pengeroyok Haringga Sirla selama 3 sampai 4 tahun penjara. Mirisnya, ke empat pelaku masih berada di bawah umur ini tega mengeroyok suporter Persija itu hingga tewas.

Dalam sidang putusan ini, keempat pelaku dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama menghadirkan terdakwa SH (16), AR (15), dan TD (17). Hakim tunggal Suwanto pun menyebut ketiganya terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan penganiyaan hingga korban tewas secara mengenaskan.

“Menjatuhkan hukuman terhadap anak satu (SH) empat tahun penjara, anak dua (AR) empat tahun penjara, dan anak tiga (TD) hukuman tiga tahun enam bulan penjara,” tegas Suwanto di  PN Klas 1A Khusus Bandung, Kota Bandung, Selasa (6/11).

Ketika terdakwa terbukti melanggar pasal 170 jo pasal 55 ayat (2) ke-3 KUHPidana, jo UU no 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan anak.

Baca Lainnya: Komdis Beri Sanksi Persib, Tersangka Pengeroyokan Dilarang Nonton Seumur Hidup

Sebelum membacakan putusan, majelis hakim juga menyebutkan beberapa hal yang memperberat tuntutan dan meringankan. Pertimbangan yang memberatkan adalah meresahkan masyarakat, memperburuk citra sepakbola, dan menimbulkan duka mendalam bagi keluarga korban. Kemudian pertimbangan yang meringankan adalah terdakwa belum pernah dihukum, berlaku sopan selama persidangan, bernjanji tidak mengulangi dan masih muda.

Vonis kurungan pidana yang diberikan kepada ketiganya juga lebih rendah daripada tuntutan Jaksa Penuntut Umum Kejari Bandung, yang menuntut terdakwa SH dan AR lima tahun penjara, dan TD selama empat tahun.

Di sidang sesi kedua, salah satu terdakwa lain AF (16) terbukti bersalah dan di vonis kurungan penjara selama 3 tahun penjara. “Menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara,” imbuhnya.

Kasus Kelam Sepakbola Indonesia

Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP M Yoris Maulana, kasus pengeroyokan ini terjadi di area Gerbang Biru area parkir bagian utara stadion sekitar pukul 13.00 WIB pada laga pertandingan Persib vs Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, (23/9). Nahas, sebagian oknum Bobotoh mengetahui Haringga adalah suporter Persija. Hingga korban pun langsung menjadi sasaran kemarahan oknum Bobotoh.

Jababeka industrial Estate

Baca Lainnya: Begini Kronologi Suporter Persija yang Tewas Dikeroyok

Akibat pukulan benda tumpul, dan senjata tajam berikut hujaman tendangan-pukulan bertubi-tubi, Haringga akhirnya meninggal dunia dengan luka parah di bagian kepala. Kejadian ini menjadi salah satu sejarah terkelam pembunuhan suporter bola di Indonesia.

Source: Berbagai sumber

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT