Kamis, 15 April 2021

Azis Syamsuddin serukan kerja sama multilateralisme atasi pandemi


Semua negara dapat meningkatkan ‘teamwork’ dalam berbagai konsep multilateralisme

Jakarta (FINROLL) – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menyerukan pentingnya meningkatkan kerjasama multilateralisme yang berasaskan kerja tim atau “teamwork” dalam menanggulangi dampak pandemi COVID-19 global saat ini.

“Semua negara dapat meningkatkan ‘teamwork’ dalam berbagai konsep multilateralisme, sehingga tidak ada negara yang tertinggal dalam penanggulangan dampak pandemi dan dapat kita atasi secara bersama-sama,” kata Azis Syamsuddin dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis.

Hal itu dikatakannya dalam diskusi bertajuk “Pandemic Poser Health and the 4IR” dalam forum International Raisina Dialogue 2021 yang diselenggarakan, di New Delhi, India, secara virtual pada tanggal 13-15 April 2021.

Dia mengatakan, negara-bangsa perlu mempersiapkan mitigasi yang sesuai, keterbukaan dalam data, serta kolaborasi dalam penyediaan vaksin.

Menurut dia, Indonesia selalu terbuka untuk bekerjasama dalam pengelolaan data serta mengajak untuk kolaborasi dalam produksi dan distribusi vaksin.

“Diharapkan India yang merupakan salah satu produsen vaksin terbesar di dunia, dapat meningkatkan produksi vaksin untuk kebutuhan global,” ujarnya pula.

Menurut dia, produksi dan distribusi vaksin merupakan satu kesatuan, dibutuhkan kerja sama “teamwork” dan perasaan “brotherhood” secara global, sehingga tujuan mulia ini dapat tercapai demi kepentingan yang lebih besar, yaitu kepentingan kemanusiaan.

Politisi Partai Golkar itu menjelaskan pandemi COVID-19 memberi pelajaran yang sangat berharga, dimana untuk ke depan menjadi sangat penting dalam penerapan hukum internasional serta penataan institusi global secara efektif.

“Tantangan dunia ke depan adalah terkait mengatur ulang efektivitas institusi global serta penegakan hukum-hukum internasional, sehingga ada asas keadilan antarnegara dan bangsa,” ujarnya.

Jababeka industrial Estate

Dia menilai semua negara dapat duduk bersama dalam semangat multilateralisme yang berlandaskan “teamwork” dan “brotherhood” dengan mengedepankan pemikiran kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan.

Forum Global Raisina Dialogue adalah konferensi tahunan internasional yang diselenggarakan Pemerintah India dalam bidang geopolitik, geostrategis, dan geoekonomi.

Forum tersebut dihadiri para pimpinan poltik dari berbagai negara serta akademisi, dan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin berpanel bersama Carl Bildt (mantan Perdana Menteri Swedia), Simon Duggan (Deputy Secretary Bidang Ekonomi dan Industri, yang juga Utusan Khusus Pemerintah Australia untuk G20), Suresh Prabhu (Utusan Khusus Perdana Menteri India untuk G20 dan G7), Shamika Ravi (Brookings Institute) serta moderator Amandeep Gill (Direktur I-DAIR).
Baca juga: Indonesia dorong penguatan kerja sama pemuda ASEAN-Italia
Baca juga: Temui Menkes RI, Menlu Inggris tegaskan kerja sama atasi pandemi

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © FINROLL 2021

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT