Rabu, 16 Januari 2019

Berharap Pengusutan Kasus Novel Baswedan Kepada Dua Paslon


Finroll.com – Debat capres sesi 1 akan digelar esok, tema yang akan dibahas kedua pasangan calon adalah hukum, korupsi, terorisme, dan HAM. Berbicara soal HAM, salah satu kasus yang menjadi sorotan adalah teror penyiraman air keras kepada penyidik KPK, Novel Baswedan.

Peristiwa yang terjadi pada 11 April 2017 itu pun membuat mata kiri Novel mengalami kebutaan. Hampir dua tahun berlalu, kasus ini pun tidak pernah jelas ujungnya.Pelaku penyiraman pun belum tertangkap.

Pada sisi petahana, capres nomor urut satu Joko Widodo menegaskan akan menjawab segala pertanyaan soal kasus yang menimpa pimpinan KPK baru-baru ini, termasuk kasus Novel Baswedan.

“Ya besok termasuk masalah HAM, nanti kita jawab besok,” ujar Jokowi singkat kepada awak media dalam peluncuran wirausaha ASN di SICC Bogor, Rabu (16/1).

Sementara di sisi penantang, Cawapres nomor urut 2 Sandiaga Uno berjanji jika dirinya dan Prabowo terpilih, kasus Novel bisa diselesaikan. Bahkan ia menyebut jika kasus itu akan diambil alih oleh dirinya dan Prabowo.

Baca Lainnya: Jelang Debat Pilpres Tim Gabungan Kasus Novel Baswedan Dibentuk, Adakah Hubungannya?

“Di bawah Prabowo-Sandi jelas, kasus seperti itu harus ada penuntasannya. Kita akan mengambil alih sendiri dan kita pastikan bahwa rasa keadilan itu langsung bisa diwujudkan,” ujarnya di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Rabu (16/1).

Sandi merasa, kasus penyiraman air keras ke Novel harus cepat diselesaikan. Terlebih rakyat menunggu kejelasan siapa pelaku penyiramannya yang saat ini masih misterius.

“Masyarakat sudah sangat menunggu itu, dan rakyat Indonesia berharap penuntasan kasus-kasus seperti Pak Novel dan lain sebagainya,” tandasnya.

Apakah kasus ini bisa diungkap secepatnya? Atau akan menguap seperti kebanyakan kasus HAM lain di Indonesia?

CIMB NIAGA

Sumber: Berbagai sumber

BACAAN TERKAIT