Rabu, 23 Desember 2020

Jokowi Lantik 6 Menteri Baru Hari Ini


Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan melakukan pelantikan menteri baru Kabinet Indonesia Maju yang diumumkannya kemarin pada hari ini, Rabu (23/12) di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Enam menteri telah diperkenalkan Jokowi di teras Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (22/12) sore. Setelah diumumkan Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin, enam menteri itu pun diberi kesempatan memberi paparan singkat mengenai rencana mereka saat sudah resmi menjabat.

“Pelantikan akan dilaksanakan besok pagi (Rabu, 23/12). Itu yang bisa saya sampaikan,” kata Jokowi di teras Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12).

Selain enam menteri, Jokowi pun rencananya hari ini melantik sejumlah pimpinan lembaga dan wakil menteri.

Beberapa pimpinan lembaga dan wakil menteri yang akan dilantik itu adalah Irjen Pol Petrus Reinhard Golose yang akan menggantikan Komjen Pol Heru Winarko sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Letjen TNI M Herindra menjadi Wakil Menteri Pertahanan menggantikan Sakti Wahyu Trenggono yang menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Sebagai informasi, pelantikan menteri baru Jokowi hari ini juga bertepatan dengan Rabu Pon dalam penanggalan Jawa.

Selama menjabat sebagai Presiden RI sejak 2014 silam, Jokowi diketahui memiliki punya kebiasaan melakukan reshuffle menteri tepat pada Rabu Pon. Pon termasuk salah satu weton atau hari pasaran dalam penanggalan Jawa. Sebagian pihak percaya Jokowi menganggap Rabu Pon sebagai hari baiknya.

Menanggapi kebiasaan Jokowi itu, dalam perbincangan dengan CNNIndonesia.com pada tengah pekan lalu, Pengajar Sastra Jawa Universitas Indonesia, Prapto Yuwono mengatakan, pemilihan hari Rabu Pon untuk reshuffle kabinet kemungkinan berkaitan dengan hari lahir Sang Presiden. Diketahui, Jokowi lahir pada Rabu Pon, 21 Juni 1961.

“Kalau memang memakai itu (hitung-hitungan Jawa), berarti memang barangkali ini dikaitkan dengan hari kelahiran Pak Jokowi sendiri atau hari yang dipilih atau disarankan oleh sesepuhnya,” kata Prapto.

Menurutnya, dalam pedoman Primbon Jawa, seorang pemimpin harus menyampaikan hal apapun kepada publik yang berkaitan dengan kekuasaannya. Selain itu, pemilihan Rabu Pon sebagai kebiasaan Jokowi itu mungkin pula masih berkaitan dengan keyakinan agar para menteri yang dipilihnya nanti benar-benar membantu jalannya pemerintahan. Alasannya, hari kelahiran dalam tradisi Jawa kerap disangkutpautkan dengan hal-hal positif.

CIMB NIAGA

“Hari lahir itu untuk tindakan-tindakan yang nyangkut keselamatan, keamanan, kesejahteraan,” kata Prapto.

Pada pelantikan menteri hari ini, mereka yang akan disumpah jabatan adalah Nama-nama yang akan dilantik adalah Tri Rismaharini (Risma) sebagai menteri sosial, Sandiaga Uno sebagai menteri parwisata dan ekonomi kreatif, serta Budi Gunadi Sadikin sebagai menteri kesehatan. Kemudian ada Yaqut Cholil Qoumas sebagai menteri agama, Muhammad Luthfi sebagai menteri perdagangan, serta Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Sumber Berita : CNN Indonesia

BACAAN TERKAIT