Kamis, 5 Agustus 2021

Prabowo dan Anies Tertinggi di Survei, Bisa Jadi Capres-Cawapres?


Indostrategic mencatat elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tertinggi di angka 17,5 persen sebagai calon presiden 2024. Prabowo ditempel Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 17 persen. Bagaimana kans keduanya bila dipasangkan?

Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai, bila bicara elektabilitas semua tokoh masih terlalu jauh karena belum ada yang mencapai angka 50 persen. Semua kemungkinan masih terbuka.

“Masih panjang soal elektabilitas, masih jauh, semuanya masih jauh ke angka 50 persen. Jadi semua masih banyak kemungkinan. Karena politik itu bukan matematik, akan selalu berubah-ubah tiap detik,” ujar Ujang kepada wartawan, Rabu (4/8).

Ujang mengatakan, elektabilitas tokoh-tokoh ini seperti lari marathon. Ada capres-cawapres yang lari kencang duluan, namun bisa napasnya habis di tengah perjalanan menuju finish. Padahal garis finish dalam hal ini Pilpres 2024 masih jauh.

“Ada juga yang start biasa, sambil atur napas lalu bisa menempuh finish, ada juga yang lari lamban, dan lain-lain,” ujarnya.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini menuturkan, elektabilitas akan bisa naik turun, ada juga yang stagnan bahkan terus kecil. Hanya saja, ia mengatakan, paling penting bagi calon presiden itu menjaga tetap di atas hingga finish.

“Jadi survei saat ini sifatnya masih fluktuatif, masih akan terus berubah-berubah mengikuti perkembangan dan dinamika politik yang terjadi,” ujar Ujang.

Mengenai pasangan Prabowo-Anies sendiri bisa saja terwujud. Semua menunggu dinamika politik dan tergantung penilaian masyarakat nanti.

“Mungkin iya dan mungkin tidak. Semua tergantung dari penilaian rakyat hingga ke depan,” ucap Ujang.

Indostrategic mengeluarkan hasil survei elektabilitas calon presiden 2024. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersaing di posisi teratas. Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 17,5 persen. Sementara Anies 17 persen.

Jababeka industrial Estate

“Nama pak Prabowo teratas di angka 17,5 persen. Angka ini menarik pak Prabowo tetap konsisten punya modal baik untuk maju Pilpres 2024,” ujar Direktur Eksekutif Indostrategic A. Khoirul Umam saat rilis survei secara daring, Selasa (3/8).

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT