Senin, 18 Februari 2019

Prabowo Optimis Kelapa Sawit RI Bisa Jadi Kunci Swasembada Energi


Finroll.com – Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto menyampaikan komoditi kelapa sawit bisa menjadi kunci swasembada energi Indonesia.

Untuk itu ia pun optimis jika optimalisasi pemanfaatan sawit untuk bahan bakar bisa teraplikasikan dengan baik.

“Kita tingkatkan mungkin (perkebunan) plasma lebih banyak sehingga rakyat lebih memiliki hak atas kerja keras mereka dan produk mereka,” ungkap Prabowo dalam paparan debat capres jilid dua di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/2) malam.

Prabowo menambahkan, saat ini porsi perkebunan rakyat masih sangat rendah di posisi 20 persen. Ia pun ingin agar posisinya bisa naik hingga 80 persen.

Baca Lainnya: Janji-Janji Prabowo Dalam Debat Capres ke-2 Tadi Malam

Selanjutnya, ia menilai jika produk sawit Indonesia bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar hijau sampai diesel hijau. Lantas dirinya mencontohkan pemanfaatan minyak sawit di Brazil, yang porsi campuran biodiesel sudah 90 persen.

Mantan Danjen Kopassus ini pun mengatakan biofuel bisa menjadi jawaban untuk menghentikan impor bahan bakar yang masih di lakukan.

“Kita dalam waktu dekat menjadi net importir. Kita akan impor 100 persen bahan bakar kita. Maka itu kita sekarang punya peluang dari kelapa sawit,” sambungnya.

Tidak cuma kelapa sawit, dirinya juga berjanji akan memaksimalkan produksi etanol dari aren, singkong dan gula.

“Semua kita gunakan untuk kita bisa untuk tidak impor bahan energi luar negeri itu strategi kita,” tandasnya.

indonesia mining mineral recovery exhibition 2021

Sumber: CNN Indonesia

BACAAN TERKAIT