Kamis, 15 Agustus 2019

Sudah Siapkan Nama-Nama Menteri, Jokowi : Isi Kabinetnya Harus Bagus


Finroll.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyiapkan nama-nama menteri yang bakal mengisi kabinet pemerintahan 2019–2024. Bahkan, ada yang usianya di bawah 30 tahun.

Jokowi mengatakan, “Sudah saya siapkan untuk diumumkan,” kata Jokowi dalam acara makan siang bersama para pemimpin redaksi di Istana Merdeka, Rabu (14/8/2019).

Sementara menurut Jokowi, susunan kabinet ini memang sudah ditunggu-tunggu banyak orang. Tidak hanya dari dalam negeri, melainkan juga kalangan internasional.

“Karena itu, isi kabinetnya harus bagus,” ucap Presiden. “Kalau kelihatannya enggak bener, ya, selesai,” sambungnya sembari mengangkat bahu.

Kapan kabinet baru diumumkan? “Bisa setelah pelantikan, Oktober nanti. Tapi bisa juga sebelum pelantikan. Sudah final, siap diumumkan,” ujar Jokowi berteka-teki.

Jokowi memaparkan, komposisi kabinet barunya nanti ia rancang dengan saksama. “Perbandingannya 55%–45%; 55% professional, 45% partai,” ujarnya.

Untuk yang 45% menteri kabinet dari partai itu pun, lanjut Jokowi, tidak semata-mata nama yang disodorkan partai. Jokowi tetap akan menyeleksi. Kalau tidak cocok akan dia kembalikan, untuk diganti dengan calon lain.

Adapun 55% menteri dari kalangan profesional, Jokowi menjamin, mereka benar-benar orang profesional, yang ahli di bidangnya. “55% profesional itu dari saya sendiri,” ujar Jokowi sambil tangannya memegang saku baju putihnya yang digulung sampai siku.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menegaskan,menteri muda berasal dari kalangan profesional, bukan partai. “Dipastikan mereka punya pengalaman manajerial yang kuat,” ujar Jokowi.

Terkait dengan usia muda ini, ketika ditanya apakah mereka berasal dari start up, Jokowi hanya tersenyum. Ia tidak mengiyakan, tidak juga menampiknya. Jokowi pun menceritakan, ketika menyaring calon-calon menteri usia muda ini, banyak sekali nama yang masuk.

CIMB NIAGA

“Tetapi saya mempertimbangkan kemampuan manajerialnya. Ada yang sangat percaya diri, tapi lemah manajerialnya,” ujarnya.

Jokowi melanjutkan, menteri usia muda ini akan duduk di kementerian yang lama, bukan yang baru.(red)

BACAAN TERKAIT