Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Saat Reuni 212, Berikut Rutenya

  • Bagikan
Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Saat Reuni 212, Berikut Rutenya

Finroll.com – Dalam rangka acara reuni 212 yang digelar di Monas, Minggu, (2/12/2018), pihak kepolisian sudah menyiapkan alternatif rekayasa lalu lintas.

Seperti dilansir laman wartakota, Kasubdit Penegakan Hukum dan Pembinaan Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, pengamanan arus lalu lintas akan dilakukan sejak pukul 02.00 WIB dini hari. Hal tersebut mengingat acara reuni akan dilakukan mulai pukul 03.00 WIB.

“Rekayasa lalu lintas sudah disiapkan. Nantinya polantas akan menjaga jalur lalu lintas yang dilakukan rekayasa. Termasuk alokasi kantong parkirnya selama kegiatan tersebut berlangsung,” ujar Budiyanto saat dikonfirmasi, Jumat (30/11/2018).

Budiyanto mengatakan, pihaknya akan menyebar sebanyak 1.459 personel polisi lalu lintas. Polisi juga akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Dinas Kominfo DKI Jakarta, dan pihak Transjakarta.

Ada pun sejumlah rekayasa arus lalu lintas yang telah disiapkan itu meliputi:

Arus lalu lintas dari Traffic Light (TL) Harmoni, untuk kendaraan yang melaju dari Jalan Hayam Wuruk akan dibelokkan ke kiri arah Jalan Juanda. Untuk kendaraan dari Jalan Majapahit normal belok ke kiri Jalan Suryopranoto, lurus ke arah Jalan Gajah Mada serta belok kanan ke arah Jalan Juanda.

Pengalihan arus lalu lintas juga akan dilakukan di seputar kawasan Masjid Istiqlal. Arus dari Jalan Juanda diluruskan ke arah Gunung Sahari (Traffic Light Mbal). Untuk arus lalu lintas di Jalan Katedral akan diluruskan ke arah Pasar Baru supaya tidak belok ke kiri jalan Veteran Raya.

Untuk arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur yang akan ke Merdeka Utara diluruskan ke Jalan Perwira. Sedangkan Jalan Veteran III menuju Traffic Light MA disterilkan dari kendaraan.

Rekayasa arus lalu lintas juga akan dilakukan di Traffic Light Simpang Senen. Arus lalu lintas dari arah timur, yaitu Jalan Letjen Suprapto dibelokkan ke kiri arah Jalan Kramat Raya. Sedangkan arus lalu lintas yang masuk Underpass dikanalisasi pada sisi lajur kanan arah Gunung Sahari, dan untuk arus yang akan masuk ke Mess Denmabessad (Komplek RSPAD) akan difilterisasi.

Arus lalu lintas dari arah Kramat Raya menuju Tugu Tani diluruskan ke arah Jalan Gunung Sahari, kecuali massa reuni 212. Arus lalu lintas dari Abdul Rahman Saleh dilakukan filterisasi untuk dialihkan belok ke kiri ke arah Jalan KKO Usman Harun menuju Simpang 5 Senen.

Arus lalu lintas dari Jalan Arief Rahman Hakim dan Jalan Kembang, pinggir Kali Kwitang, di Tugu Tani, dilakukan filterisasi untuk dialihkan ke Jalan Menteng Raya, sehingga mengurangi arus lalu lintas yang menuju Jalan Ridwan Rais, kecuali massa reuni 212.

Untuk arus lalu lintas yang menuju Jalan Mersel di Traffic Light Batu, diluruskan ke arah Merdeka Timur. Pengalihan arus lalu lintas juga akan dilakukan di Bundaran Air Mancur Patung Kuda. Arus lalu lintas menuju Jalan Budi Kemuliaan, baik dari Jalan Fachrudin maupun dari Jalan Abdul Muis, diluruskan.

Sedangkan arus lalu lintas dari Jalan Sabang menuju Traffic Light PT Garuda diluruskan ke arah Medan Merdeka Selatan, lalu dibelokkan ke kanan atau lawan arus menuju halaman Balai Kota DKI Jakarta, sebagai lahan parkir untuk massa aksi reuni 212.

Pengalihan arus lalu lintas juga dilakukan di sekitar Bundaran Hotel Indonesia. Arus lalu lintas dari Jalan Imam Bonjol yang akan menuju Jalan Agus Salim dilakukan filterisasi, dan dibelokkan ke kiri masuk ke Jalan Kusuma Atmaja maupun ke Jalan Sumenep, kecuali massa reuni 212.

Arus lalu lintas dari Traffic Light Koramil yang menuju Jalan Sultah Syahrir, dilakukan filterisasi dan dibelokkan ke kiri menuju Jalan Siliwangi dan seterusnya.

Sedangkan khusus massa reuni 212 dari TL Mandarin, akan diluruskan ke arah Agus Salim-TL PT Garuda, masuk Jalan Medan Merdeka Selatan, lalu diarahkan masuk Monas melalui Pintu Monas Barat Daya.

  • Bagikan
-->