Selasa, 12 Januari 2021

Istana Siapkan Vaksinasi untuk Jokowi


JAKARTA — Pemerintah akan mulai melaksanakan program vaksinasi Covid-19 pada Rabu (13/1) besok. Vaksinasi Covid-19 untuk pertama kalinya di Indonesia ini akan diberikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyampaikan, saat ini Istana pun tengah mempersiapkan proses pelaksanaan vaksinasi untuk Presiden. Istana berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mengatur tata cara vaksinasi.

“Rencana besok pagi penyuntikan vaksin perdana untuk Presiden. Kami (Sekretariat Presiden) sedang mempersiapkan dan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk pengaturan tata cara vaksinasi,” ujar Bey kepada wartawan, Selasa (12/1).

Menurut Bey, penyuntikan vaksin perdana tersebut juga akan disiarkan secara live streaming sehingga dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat. “Jadi prosesnya seperti apa, bisa dilihat langsung besok,” ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan pemerintah akan memulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 pada Rabu 13 Januari 2021 esok. Vaksinasi, kata dia, pertama kali akan dilakukan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Vaksin Sinovac sendiri telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, Vaksin Covid-19 asal Cina inipun telah resmi mendapatkan fatwa halal dari MUI.

Sumber Berita : Kompas.com

BACAAN TERKAIT