Selasa, 22 Desember 2020

Reshuffle Kabinet Jokowi, Sejumlah Nama Menguat


Jakarta – Isu reshuffle kabinet Indonesia Maju terus makin berhembus kencang. Sejumlah nama mencuat sejak beberapa hari terakhir.

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid sempat mengatakan reshuffle kabinet akan terjadi pada Rabu (23/12) mendatang atau bertepatan dengan Rabu Pon dalam penanggalan Jawa.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Faisol Reza bahkan mengaku mendengar informasi ada enam sampai delapan menteri di Kabinet Indonesia Maju akan diganti.

Ia mengatakan perombakan kabinet dilakukan sebagai langkah untuk memperbaiki penanganan dampak ekonomi dan kesehatan akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

Terdapat sejumlah nama calon menteri yang masuk dalam bursa perombakan kabinet berdasarkan informasi yang beredar kuat dan sudah masuk dalam pemberitaan.

Nama Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono sebagai salah satu yang terkuat bakal mengisi kursi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo. Edhy, yang merupakan kader Partai Gerindra sendiri kini berstatus sebagai tersangka korupsi usai ditangkap oleh KPK.

Meski demikian, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan pihaknya tidak memiliki kapasitas untuk mengusulkan Trenggono menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

CNNIndonesia.com sendiri sudah berusaha menghubungi Trenggono untuk dimintai konfirmasi terkait hal ini. Namun yang bersangkutan tak meresponnya.

“Enggak ada-lah. Enggak ada jatah menjatah,” ucap Habiburokhman.

Tak hanya itu, terdapat nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, hingga Wali Kota Solo FX Rudyatmo yang dinilai potensial menggantikan eks Menteri Sosial Juliari Batubara.

Jababeka industrial Estate

Sama seperti Edhy, Juliari kini berstatus sebagai tersangka kasus korupsi oleh KPK. Rudy sendiri sudah membantah mendapat tawaran dari pihak Istana untuk mengisi jabatan Mensos.

Risma mengaku siap mengisi jabatan tersebut asal diperintahkan oleh Megawati Soekarnoputri selaku ketua umum PDIP, partai tempatnya bernaung.

“Kalau saya mendapat perintah dari Bu Mega, ‘Bu Risma kamu jalan’, aku baru jalan. Tapi bukan aku yang minta. Kalau aku yang ingin aku takut itu, karena sekian juta warga tergantung pada bantuan tadi,” ucap Risma.

Tak hanya itu, beredar nama Budi Gunadi Sadikin yang diisukan akan menggantikan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Lalu isu Menteri Agama Fachrul Razi akan digantikan oleh tokoh Nahdlatul Ulama, Yahya Cholil Staquf.

Tak hanya itu, santer terdengar nama Sandiaga Uno yang dikabarkan akan gantikan Whisnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam perombakan kabinet kali ini.

CNNIndonesia.com sudah berusaha mengonfirmasi info terkait terhadap nama-nama yang diisukan tersebut. Hingga berita ini dipublikasi, redaksi belum mendapat respons dari pihak terkait.

Sementara Juru Bicara Sandiaga Uno, Kawendra Lukistian, mengatakan pihaknya saat ini hanya berfokus pada kebaikan bangsa. “Biarkan pak Presiden menggunakan hak prerogratifnya untuk memilih putra-putri terbaik negeri ini untuk menempati posisi yang tepat,” ujar dia.

Merespons isu reshuffle, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengamini bakal ada kocok ulang kabinet. Dia mengatakan Presiden Jokowi sendiri yang nanti akan memperkenalkan langsung kepada masyarakat.

“Tentunya akan diperkenalkan kepada publik oleh Bapak Presiden,” kata Heru lewat pesan singkat, Senin (21/12).

BACAAN TERKAIT