Rabu, 19 Desember 2018

Pro Kontra Kotak Suara Kardus Yang Digunakan Pada Pemilu 2019


Kotak suara yang akan digunakan dalam Pemilihan Umum April 2019 mendatang menjadi pembahasan publik.

Finroll.com – Setelah KPU menetapkan kotak suara yang akan digunakan berbahan dasar kardus, banyak pro dan kontra menyeruak.

Terkait masalah ini seorang teman medsos saya membuat status, “Kalau sekiranya kekuatan kardus sama dengan aluminium kenapa pesawat tidak dibikin dari kardus aja biar irit?”

Ada juga yang membuat status seperti ini, “Katanya kotak karton sama kuat dengan aluminium. Itu karton yang naik kelas atau aluminium yang turun kelas? Serius nanya.”

Bahkan seorang bapak melaporkan dalam statusnya sebagai berikut, “Setelah tahu kekuatan kardus sama dengan aluminium, emak-emak mulai beralih menggunakan alat-alat dapur dari kardus.”

Nada kecemasan dan kekhawatiran dari berbagai kenyinyiran tersebut agaknya bermuara pada ketakutan bahwa penggunaan kotak terbuat dari kardus akan memudahkan dilakukannya kecurangan dan manipulasi terhadap surat suara.

Baca Juga: Fahri Hamzah Usulkan “Negara Bisa Punah” Jadi Tema Debat Capres 2019

Ketua KPU, Arief Budiman menjelaskan perhitungan biaya perawatan dan penyimpanan kotak suara almunium hampir sama dengan membuat baru.

Kotak Suara Kardus

Dengan menggunakan bahan karton duplex KPU dapat menghemat biaya jauh lebih murah.

Adanya aturan baru yang menuliskan kotak suara harus memiliki sisi transparan. KPU sempat berpikir untuk membuat kotak suara berbahan dasar kontainer plastik.

ina palm 2021

“Sempat ingin membuat dalam bentuk plastik,” kata Viryan selaku Komisioner KPU.

Namun dijelaskan Viryan atas beberapa pertimbangan dan uji coba, kotak suara berbahan dasar karton kedap air yang akhirnya dipilih. KPU nantinya akan menyediakan 4 juta kotak suara untuk pemilihan umum 2019 mendatang.

Kotak suara berbahan dasar karton kedap air menurut Viryan telah selesai pengadaannya. Hal tersebut tersebut juga sudah diuji coba oleh KPU.

Kotak suara yang baru tampak tak rusak meski diduduki orang dewasa.

Oleh karena itu, Arief menyimpulkan penggunaan kotak suara berbahan karton bisa lebih murah hingga tiga kali lipat ketimbang kotak suara berbahan alumunium.

BACAAN TERKAIT