Jumat, 15 Oktober 2021

Siap Ganti Profesi? Ini Daftar Pekerjaan yang Terancam Punah


Mungkin sudah beberapa tahun terakhir terdapat wacana ada beberapa pekerjaan yang biasanya dilakukan manusia bisa berpindah ke robot. Ini menjadi bagian dari perkembangan teknologi yang terjadi sekarang.

Bahkan menurut laman BBC tahun 2019 lalu, ada 20 juta pekerjaan manufaktur dunia tahun 2030 mendatang yang dikerjakan oleh robot. Laporan tersebut berdasarkan analisis dari Oxford Economics.

Menurut analisis yang sama, wilayah yang rentan akan digantikan robot adalah pekerjaan dengan keterampilan rendah, ekonomi lemah dan tingkat pengangguran lebih tinggi.

Untuk mengetahui pekerjaan apa saja yang akan digantikan oleh robot, berikut daftar, seperti dikutip dari Computerhope, Jumat (15/10/2021).

1. Bagian perakitan dan pekerja pabrik

Robot sudah digunakan untuk hampir seluruh pekerjaan manufaktur besar. Komputer juga sudah bisa merakit produk seperti mobil.

Untuk memprogram robot pun juga mudah dan tak perlu memerlukan teknisi yang terampil. Robot seperti Baxter dan Sawyer dari Rethink Robotics juga dapat diprogram oleh siapapun.

2. Supir Bis, Taksi, dan Truk

Ini berhubungan dengan munculnya mobil otonom. Beberapa tahun ke depan bukan tak mungkin akan banyak kendaraan itu yang dapat ditemui di jalanan seluruh dunia.

Namun ini juga berarti akan ada potensi kehilangan pekerjaan. Teknologi otonom dapat menggantikan pekerjaan supir bis, taksi, dan truk. Bahkan juga bisa untuk kendaraan berat, seperti buldozer, pengeboran dan pengakutan pertambangan atau konstruksi.

Jababeka industrial Estate

3. Operator telepon, telemarketer dan resepsionis

Teknologi voice recognition mungkin dapat lebih canggih lagi di masa depan. Dengan begitu akan membuat perusahaan menggunakan mesin dan menggantikan manusia dalam pekerjaan seperti operator telepon, telemarketer maupun resepsionis.

4. Kasir

Saat ini beberapa toko bahkan sudah tak ada lagi mesin pembayaran yang dijaga oleh seorang kasir. Toko tersebut menggantinya dengan self-checkout atau pelanggan dapat melakukan pembayaran sendiri.

Manusia mungkin masih dibutuhkan, namun hanya melakukan pengawasan operasi. Tapi itupun akan mewakili pekerjaan yang sebelumnya membutuhkan lebih banyak orang.

5. Teller dan Pegawai Bank

Dengan kemajuan teknologi ataupun adopsi uang digital seperti Bitcoin, mungkin banyak orang yang tak perlu lagi ke bank. Sebab nasabah bisa melakukan transaksi dalam smartphone mereka.

Ini membuat kegiatan yang dulunya harus dilakukan di bank, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Padahal sebelumnya nasabah akan pergi ke bank dan dilayani oleh pegawai untuk melakukan hal seperti setoran atau menarik uang.

6. Petugas Pengepakan, Ruang Penyimpanan dan Gudang

Pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh manusia ini dapat digantikan dengan robot. Salah satu yang sudah menerapkannya adalah Amazon.

7. Pekerja Farmasi

Sejumlah apotek menggantikan teknisi farmasi dengan mesin. Robot-robot itu melakukan pekerjaan seperti memisahkan dan menangani resep para pelanggan. Robot disebut membantu mencegah kesalahan saat bekerja. Inovasi ini juga hanya butuh ruang kecil karena hanya menggunakan seperti lengan robot.

8. Pengumpul Informasi, Analis dan Peneliti

Sejumlah firma hukum dikabarkan mengganti paralegal dan staf lain dengan pengacara e-discovery serta robot riset. Robot bisa menyisir banyak dokumen serta menemukan fakta yang relevan seperti data nomor ponsel dan email dengan kata kunci.

Sejumlah analis keuangan juga digantikan komputer yang dirancang untuk menganalisa dan menemukan pola serta tren dalam data keuangan.

9. Pilot

Drone otonom sudah digunakan militer AS untuk melakukan pengawasan. Bahkan kendaraan itu sudah bisa menyerang tanpa butuh bantuan. Di masa depan bukan tak mungkin drone bertambah canggih dan merambah ke sektor lain. Misalnya menggantikan pilot menerbangkan pesawat kargo.

10. Bartender

Sejumlah perusahaan sudah menggantikan bartender dengan sistem yang diprogram. Layanan seperti Briggo menggantikan manusia dengan robot untuk membuat minuman populer bahkan belajar membuat minuman baru.

Sumber : cnbcindonesia.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT