Selasa, 26 Februari 2019

Susi Pudjiastuti ‘Sentil’ Ridwan Kamil Soal Perda Kantong Plastik


Finroll.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ‘menyentil’ Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengenai Perda pelarangan penggunaan kantong plastik.

Susi menilai sudah seharusnya daerah seluas Jawa Barat ditetapkan aturan pembatasan hingga pelarangan penggunaan kantong plastik. Terlebih limbah sambah plastik sudah jauh mencemari lautan.

“Saya minta Pak Emil buat Perda larangan kantong plastik. Masa Bali yang daerahnya lebih kecil aja bisa kok Jabar enggak,” ungkapnya di acara ‘Talkshow Festival Laut Masa Depan Bangsa’ di Graha Sanusi Kampus Unpad Bandung, Selasa (26/2).

“Saya harap nanti Jawa Barat akan mengikuti Bali, Banjarmasin, dan kota lain yang telah memutuskan say no untuk one use plastic bag, misalnya. Dengan Pak Gubernur (Jabar) sudah ngobrol, masa Jabar kalah sama Bali,” sambungnya lagi.

Baca Lainnya: Perusahaan Ini Ubah Sampah Plastik Jadi BBM

Ia menambahkan, Indonesia saat ini duduk di peringkat dunia di dunia sebagai negara penyumbang sampah ke laut.

Untuk itu ia bertekad agar perbaikan dilakukan sesegera mungkin, di antaranya dimulai dengan pengurangan pemakaian sampah plastik.

Susi menilai akademisi dan mahasiswa bisa menjadi penggerak pengurangan sampah, termasuk sampah plastik. Mereka dituntut harus langsung terjun ke tengah masyarakat untuk menjaga lingkungan.

“Indonesia jadi poros maritim dunia, dan semoga ini orang Bandung cinta laut, orang gunung turun ke laut. Karena laut kita begitu luas. Potensinya banyak,” tutupnya.

Sumber: Republika

Jababeka industrial Estate

BACAAN TERKAIT