Senin, 3 Desember 2018

Sutopo Purwo Nugroho Jadi “Asian Of The Year 2018” di Majalah The Straits Times


Finroll.com – Nama Sutopo Purwo Nugroho termasuk salah satu tokoh di Asia yang mendapatkan predikat Asians of The Year 2018 . Predikat ini diberikan salah satu media terkemuka di Singapura, The Straits Times.

Pernyataan ini disampaikan Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui cuitannya di akun Twitter resmi miliknya, @Sutopo_PN, Minggu (2/12/2018).

Sutopo Purwo Nugroho juga mengunggah foto halaman depan koran The Straits Times.

Dari halaman depan itu, tampak Sutopo Purwo Nugroho masuk dalam halaman depan media terkemuka Singapura itu.

Melalui keterangan foto, Sutopo mengungkapkan jika warga Boyolali pasti bangga melihat fotonya yang terpampang di The Straits Times.

“Wah ada foto saya di cover halaman depan The Straits Times edisi 29/11/2018!! Sebagai salah satu Asians of the Year 2018. Warga Boyolali pasti bangga!

Wahai para pemilik rambut tipis atau kepala botak. Tetaplah percaya diri. Justru akan membuatmu makin bersinar,” tulis Sutopo.

Dikutip dari The Straits Times, selain Sutopo, ada tiga nama lain yang juga menerima penghargaan tahunan ini. Ketiga penerima penghargaan itu adalah paraglider yang turut dalam penyelamatan saat gempa Sulawesi dan anak-anak di goa di Thailand, mendiang Ng Kok Choong; Komandan Angkatan Laut India, Vijay Varma dan P Rajkumar yang membantu saat banjir bandang di Kerala, India. Selain empat sosok tersebut, penghargaan ini juga diberikan kepada dua badan lain yang dinilai memiliki kontribusi serupa. Keduanya adalah Mercy Relief Singapura dan sean Coordinating Center for Humanitarian Assistance on Disaster Management (Pusat AHA) Jakarta. Semua pihak yang disebut, dinilai memiliki kegigihan yang tidak banyak dimiliki oleh orang lain pada umumnya.

“Saat musibah datang, kebanyakan manusia lari menyelamatkan diri, namun kalian memilih untuk mendatangi bencana dan bertarung nyawa untuk melindungi yang lain,” begitu penggalan kalimat dalam kutipan penghargaan.

Jababeka industrial Estate

“Sebagai First Responders, keberanian Anda, mengutamakan kepentingan orang lain, dan perhitungan risiko yang Anda lakukan banyak mengurangi situasi genting yang ada. Menempatkan diri dalam bahaya, Anda telah mengubah banyak hal menjadi sebuah kebaikan. Asia berutang budi pada kalian, keluarga kalian, dan institusi yang tempat kalian bertugas,” lanjutnya. Setiap tahun, The Straits Times memberikan penghargaan ini kepada individu atau kelompok dan institusi yang dinilai berkontribusi secara signifikan kepada masyarakat dan bangsa.

BACAAN TERKAIT