Jumat, 23 November 2018

Tingkatkan Konsumsi Ikan, KKP Segera Gandeng Generasi Millenial


Finroll.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan akan segera menggandeng generasi millenial untuk meningkatkan konsumsi ikan sebanyak 54,49 kg per kapita pada 2019.

Ikan menjadi salah satu sumber protein yang sangat besar. Dengan makan ikan kita bisa lebih sehat, dan turut serta dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa,” ujar Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Rifky Effendy dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/11).

Untuk memenuhi target konsumsi ikan 54,49 kg di tahun 2019 itu, Rifky menegaskan jika pihaknya akan melibatkan millenial agar lebih mengenal dan mencintai menkonsumsi ikan.

Hal ini sesuai dengan tema Hari Ikan Nasional 2018 yang mengangkat “Dengan Protein Ikan, Kita Membangun Bangsa”.

“Nah ini yang membedakan Hari Ikan Nasional 2018 dengan tahun sebelumnya. Karena kita ingin membangun budaya makan ikan ke arah yang lebih modern. Makanya kami ingin libatkan kaum millenial,” paparnya.

Baca Lainnya: 9 Wisata Kuliner di Jakarta yang Rasanya Bikin Ketagihan

Dengan potensi media sosial dan media massa berbasis internet, ia yakin jika langkah ini bisa menjadi pelopor gerakan makan ikan yang lebih dikenal masyarakat.

Pihaknya juga telah menggagas Seafood Lovers Millenial, karena data dari Kementerian Pariwisata mengetahui jika 45 persen kunjungan wisata di Indonesia berasal dari sektor kuliner.

Konsumsi Ikan per Kapita Tiap Tahun Bertambah

Rifky menyebutkan, dalam lima tahun terakhir target konsumsi ikan per kapita selalu meningkat. Misalnya 38,14 kg/kapita di tahun 2014, 40,9 kg/kapita di tahun 2015, 43,88 kg/kapita pada tahun 2016, 47,12 kg/kapita di tahun 2017, dan 50 kg/kapita pada 2018.

Jababeka industrial Estate

“Ini bukti kalau masyarakat kita sudah mulai sadar akan pentingnya mengkonsumsi ikan bagi kesehatan,” imbuhnya.

“Tapi kita juga jangan sampai kalah dengan dengan Malaysia yang 70 kg/perkapita per tahun, atau Singapura 80 kg/kapita per tahun, atau Jepang yang mendekati 100 kg/kapita per tahun,” sambungnya.

Source: Antara

BACAAN TERKAIT