3 Tokoh Indonesia yang Punya Hak Paten Dunia

  • Bagikan
hak paten1
hak paten1

Banyak kalangan yang berpikiri jika Indonesia akan sepi dengan inovasi berhak paten?

Salah besar. Banyak teknologi yang datang dari anak bangsa Indonesia dan ternyata sudah sangat mendunia. Hanya saja kamu tidak banyak tahu akan hal itu.

Berikut ini adalah 3 Tokoh Indonesia yang Punya Hak Paten Dunia

  1. Kontruksi Cakar Ayam

Metode rekayasa teknik dalam pembuatan pondasi bangunan yang dikenal dengan nama konstruksi cakar ayam ini digagas pertama kali oleh seorang putra daerah yang bernama Prof. Dr. Ir. Sedijatmo pada tahun 1961.

Kala itu Prof. Dr. Ir. Sedijatmo sedang memegang suatu jabatan di PLN. Ia ditugaskan untuk mendirikan sejumlah menara listrik bertegangan tinggi di kawasan rawa-rawa Ancol, Jakarta.

Medan yang berupa rawa-rawa tentu membuat pendirian menara listrik bertegangan tinggi itu sangat sulit dilakukan. Dengan medan yang sulit, dua menara listrik akhirnya berhasil didirikan. Sementara itu lima menara sisanya masih belum bisa terselesaikan.

Padahal menara-menara listrik tersebut akan digunakan menyalurkan listrik dan sebagai pusat tenaga listrik untuk acara Asian Games di tahun 1962 yang digelar di Gelanggang Olahraga Senayan.

Waktu yang semakin sempit untuk mendirikan lima menara lagi di kawasan rawa-rawa yang sulit membuat Prof. Dr. Ir. Sedijatmo berpikir keras.

Dalam keadaan inilah lahir ide untuk mendirikan menara dengan pondasi berupa plat-plat beton yang didukung dengan pipa-pipa beton di bagian bawahnya. Kombinasi plat beton dan pipa beton ini melekat menjadi satu dan memiliki daya cengkram yang kuat terhadap tanah rawa yang lembek.

Ide Prof. Dr. Ir. Sedijatmo inilah yang kemudian dikenal dengan nama konstruksi cakar ayam. Dengan konstruksi pondasi ini, lima menara akhirnya bisa diselesaikan pada waktunya dan masih berdiri dengan kokoh sampai dengan saat ini.

  1. Metode Habibie

Salah satu penemuan penting yang membuat sosoknya diperhitungkan di tengah ahli kedirgantaraan Jerman yakni progression crack theory atau teori keretakan.

BJ. Habibie muda menemukan cara untuk mengantisipasi struktur badan pesawat yang membuatnya menjadi lebih kuat. Temuannya itu mampu mengantisipasi kecelakaan dengan meningkatkan faktor keselamatan penerbangan.

Teori yang ditemukan oleh ‘Mr Crack’ ini mampu mengkalkulasi keretakan pesawat karena proses terbang landas dan membhag rancang bangun desain pesawat modern untuk menghindari kecelakaan.

Hitung-hitungan Habibie sangat detail sampai ke tingkat atom material pesawat. Temuan penting ini kemudian dikenal dengan sebutan ‘faktor Habibie’.

Penemuan pentingnya itu mengantarkan Habibie menduduki jabatan sebagai wakil presiden Messerschmitt Boelkow Blohm Gmbh (MBB) di tahun 1969. MBB merupakan industri pesawat terbang besar di Jerman.

Selama berada di Jerman, Habibie secara tekun mengembangkan temuannya tersebut yang kemudian dikenal dengan sebutan ‘Teori Habibie’ dan ‘Metode Habibie’. Teori temuannya tersebut telah dipatenkan dan diadopsi untuk kemajuan teknologi kedirgantaraan.

  1. Teori dua Fast Fourier Transform

Siapa yang menyangka jika sinyal 4G yang kita nikmati menggunakan smartphone sekarang ini merupakan pengaplikasian konsep dari teori yang ditemukan anak bangsa.

Khoirul Anwar dari Kediri mendapatkan konsep Fast Fourier Transform yang memungkinkan terciptanya 4G dengan kecepatan jauh lebih tinggi dari 3G.

Itulah beberapa inovasi mendunia yang hak patennya dimiliki oleh orang Indonesia. Ini membuktikan bahwa kamu pun bisa menciptakan sebuah inovasi. Karena itu, jangan pernah takut untuk mengajukannya kepada orang-orang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->