Jumat, 5 Februari 2021

Anies Baswedan Dinobatkan Sebagai Pahlawan, Satu Level dengan Ellon Musk


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang masuk ke dalam jajaran 21 heroes bersama sejumlah tokoh dunia, termasuk pendiri Tesla dan Space X Ellon Musk, membuat bangga warga Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat penghargaan di bidang transportasi. Penghargaan itu diberikan oleh Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

Nama Anies masuk dalam jajaran 21 Heroes 2021 di bidang transportasi bareng Elon Musk. Kenapa Anies bisa masuk ke dalam jajaran tersebut? TUMI menuliskan bahwa Anies dinilai bagus dalam memimpin terbangunnya sistem transit di Jakarta.

“Termasuk layanan bus dan rencana untuk jaringan bersepeda yang besar, yang 63 km di antaranya sudah ada. Kota ini bekerja menuju tujuan bersama untuk menciptakan transportasi yang adil, terjangkau, dan inklusif untuk semua,” demikian pernyataan TUMI dikutip Jumat (5/2/2021).

Sebelum pandemi, dijelaskan lebih lanjut, Anies Baswedan melihat sekilas sistem transportasi Jakarta untuk menciptakan sistem transformatif dan terintegrasi dari berbagai moda transportasi.

“Di tengah kabut asap kota, ia melihat peluang peluncuran rencana operasional bus listrik dan renovasi stasiun angkutan umum kota yang terhubung langsung dengan stasiun KA commuter line. Prestasi Jakarta dianugerahi penghargaan STA yang dipimpin ITDP 2020,” jelasnya.

anies baswedan,ellon musk,tesla,space x,Transformative Urban Mobility Initiative

Lebih lanjut, selain Anies Baswedan pada daftar tersebut di urutan pertama ditempati oleh Menteri Pemerintah dari Wilayah Ibu Kota Brussels, Belgia, Elke Van den Brandt, dilanjutkan oleh Sekretaris Transportasi dari Medellín Colombia, Carlos Cadena-Gaitán dan Manajer Transportasi & Mobilitas, Dewan Kota Lviv, Ukraina, Andriy Bilyy.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuturkan, bahwa penghargaan yang diterimanya dalam 21 Heroes 2021 dari lembaga internasional Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI) merupakan bukti pencapaian kinerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menata Ibu Kota.

Anies menggarisbawahi, keberhasilan itu berkaitan dengan transformasi sistem angkutan umum massal yang nyaman dan inklusif bagi seluruh masyarakat DKI Jakarta.

“Salah satunya adalah integrasi bus rapid transit yang diimplikasikan ke dalam sistem JakLingko,” kata Anies lewat keterangan resmi pada Jumat (5/2/2021).

FHI indonesia 2021

Dia juga menyebut, bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta turut berhasil mengintegrasikan halte dengan stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line maupun Moda Raya Terpadu (MRT).

Integrasi itu sembari menjajaki peluang pengembangan peluncuran bus listrik untuk operasional transportasi umum massal.

“Pencapaian ini adalah hasil kolaborasi dengan berbagai pihak, kami dari awal membuka kesempatan seluas-luasnya bagi publik untuk terlibat dalam perencanaan pembangunan sistem transportasi,” kata dia.

BACAAN TERKAIT