Ini Sosok Ainun Najib yang Diminta Pulang Oleh Jokowi

  • Bagikan
ainun najib
ainun najib

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara terang-terangan meminta Pengurus Besar Nahdaltul Ulama (PBNU) memulangkan Ainun Najib ke Tanah Air.

Ainun Najib sendiri merupakan seorang praktisi teknologi di bidang data sains asal Gresik, Jawa Timur. Ainun Najib sendiri saat ini menetap di Singapura, bekerja di perusahaan teknologi.

Lantas, siapakah Ainun Najib yang diminta Jokowi pulang kampung ke Indonesia?

Mengutip laman resmi NU, Ainun Najib adalah salah satu insiator KawalCovid-19. Situs ini memberikan informasi terpercaya seputar pandemi Covid-19 di Indonesia.

Kiprah Ainun Najib di bidang sains dan teknologi sudah terasah sejak duduk di bangku SMA. Pada saat itu, Ainun muda meraih penghargaan honorable mention setelah menjadi anggota tim Indonesia dalam Olimpiade Informatika Asia Pasifik 2003.

Ainun lantas melanjutkan pendidikannya di Universitas Teknologi Nanyang (NTU) Singapura, jurusan Teknik Komputer. Setelah lulus, ia bergabung ke sebuah perusahan IBM Singapura sebagai software engine.

Adapun saat ini, Ainun menjabat sebagai konsultan senior di sana.

Sebelumnya, saat hadir dalam Pengukuhan Pengurus Besar NU Masa Khidmat 2022-2027, Jokowi mengajak NU untuk memberikan ruang yang lebih besar bagi generasi Z untuk tampil. Pasalnya, menurut dia, banyak kelompok muda profesional NU yang bekerja di perusahaan yang hebat.

“Kaum muda NU yang akti di creative industry, di fashion designer, di grafik designer, IT specialist, programmer, IT security expert, web developer, dan lain-lain. Ini harus diambil dan dimanfaatkan,” kata Jokowi di Balikpapan, Jawa Timur.

“Banyak sekali, perlu banyak naungan dan wadah yang kuat di organisasi PBNU untuk mendukung inovasi tersebut. NU perlu mempunyai sentra inkubator inovasi yang sangat efektif,” jelasnya.

Jokowi lantas menceritakan tentang salah satu anak muda NU yang dikenalnya. Sosok tersebut adalah Ainun Najib yang saat ini memiliki karir di perusahaan Singapura.

“Saya kenal satu orang, yang lain masih banyak. Beliau ini kerja di Singapura. Sudah lama, 7 tahun lalu. Ngerjain ini, semuanya apa pun bisa. Namanya Mas Ainun Najib. Masih muda sekali, NU,” kata Jokowi.

Namun, Jokowi memahami bahwa pendapatan yang diterima di Ainun Najib saat ini begitu besar. Namun, Jokowi berpesan bahwa hal ini menjadi tugas pimpinan PBNU.

“Di sana gajinya sangat tinggi sekali. Ini nanti tugasnya pak Kiai. kalau beliau yang bicara, digaji berapa pun Bismillah pasti mau,” kata Jokowi.

Dilansir dari situs penyedia informasi soal pekerjaan dan gaji, Glassdoor, Rabu (2/2/2022), rata-rata gaji untuk seorang head of analytics perusahaan di Singapura ada di kisaran 9.000 dollar Singapura per bulan. Jika dirupiahkan jumlahnya mencapai Rp 95.805.000 (kurs Rp 10.645 per dollar Singapura). Jumlah tersebut belum termasuk kompensasi dari perusahaan berupa insentif, bonus, atau tunjangan.

Sementara itu, untuk posisi senior consultant di Singapura, rata-rata gajinya adalah 6.000 dollar Singapura per bulan atau sekitar Rp 63 juta. Bahkan, gaji tertinggi senior consultant di Singapura juga bisa mencapai 9.000 dollar Singapura, dan terendah 4.000 dollar Singapura.

Kemudian, untuk kompensasi bagi senior consultant di Singapura, Glassdoor melaporkan berada di rata-rata 11.300 dollar Singapura (sekitar Rp 120 juta). Kompensasi senior consultant di Singapura tertinggi berada di angka 30.000 dollar Singapura (hampir Rp 320 juta) dan terendah 3.000 dollar Singapura (hampir Rp 32 juta).

Rupanya gaji untuk praktisi teknologi informasi di Singapura memang cukup tinggi. Tak heran Presiden Jokowi menggarisbawahi hal tersebut

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->